728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 22 September 2016

Yuk cari tau Perbedaan Zaitu Hitan & Hijau

Kayuagung - OBMM Mengetahui perbedaan zaitun hitam dan hijau itu adalah hal yang penting, apalagi jika kita pecinta kuliner Italia. Hal ini lebih penting lagi kalau kita hobi memasak menggunakan bahan ini. Salah-salah, cita rasa yang diharapkan tidak keluar.

      Zaitun hijau dan zaitun hitam pertama-tama dibedakan dari tingkat kematangannya di pohon. Buah zaitun hijau dipetik pada saat belum matang. Sementara itu buah zaitun hitam dibiarkan matang di pohon sebelum dipetik. Buah zaitun tidak dapat langsung dimakan begitu dipetik dari pohon. Jadi ia harus melalui proses pengawetan dan pengasinan terlebih dahulu.

      Karena tingkat kematangannya yang berbeda, buah zaitun hijau akan bertekstur lebih padat dan penuh daripada zaitun hitam. Zaitun hitam yang matang pohon juga tidak akan sepahit zaitun hijau. Namun, tekstur dan rasa juga dapat dipengaruhi oleh lama dan proses pengawetannya yang berkisar antara 6 sampai 12 bulan.

      Secara otomatis, buah zaitun hijau yang lebih pahit juga membutuhkan proses pengasinan yang lebih. Ini berpengaruh ke jumlah sodium yang terkandung di dua jenis zaitun. Zaitun hijau memiliki jumlah sodium yang lebih tinggi dari zaitun hitam. 5 buah zaitun hitam mengandung 115 sampai 125 miligram sodium, sedangkan buah zaitun hijau mengandung 218 sampai 360 miligram sodium.

      Dari segi kalori, tingkat kematangan juga mempengaruhi jumlah kalori yang dikandung buah zaitun. Satu buah zaitun hitam memiliki 25 kalori, lebih banyak dari zaitun hitam yang memiliki kandungan 20 kalori.

      Namun, selektiflah dalam memilih buah zaitun. Pasalnya, buah zaitun hitam dengan harga yang murah belum tentu zaitun matang pohon. Ia dipetik dalam keadaan masih hijau, namun diproses dengan cara merendamnya di campuran larutan alkali dan oksigen. Proses kimiawi tersebut akan berangsur-angsur menghitamkan zaitun. Karena ini merupakan proses yang aman dan tidak menggunakan pewarna apapun, zaitun tetap dikemas dengan sebutan zaitun hitam. Walau tidak berbahaya, zaitun “hitam” ini memiliki kualitas rasa yang sama dengan zaitun hijau. Bahkan cita rasanya lebih memudar.

Sumber : Google.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Yuk cari tau Perbedaan Zaitu Hitan & Hijau Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio