728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 03 Oktober 2016

Benarkah Marshmallow....bisa atasi obat batuk?

Kayuagung - OBMM Di Amerika dan Inggris, sedang ramai pernyataan yang menyebar di media sosial jika marshmallow bisa jadi obat batuk. Benar atau tidaknya inilah yang menjadi perdebatan. Pasalnya, marshmallow adalah camilan dengan kadar gula yang cukup tinggi dan sering dianggap tidak menyehatkan. Makanan dengan cita rasa seperti ini justru sering memicu batuk.

      Ternyata, benar bahwa marshmallow bisa menjadi obat batuk. Namun, marshmallow yang dimaksud bukan marshmallow yang biasa kita beli di berbagai supermarket, melainkan tanaman marshmallow Althaea officinalis) yang tumbuh di Eropa, Asia Barat, dan Afrika Utara.

      Tanaman marshmmallow ini merupakan cikal bakal marshmallow modern. Dahulu kala, di zaman pertengahan, rakyat Mesir biasa memanfaatkan sari tanaman marshmallow yang bertekstur lengket dan lembut seperti marshmallow jaman sekarang.

      Sari tanaman ini kemudian dipermanis dengan madu, lalu dikeringkan dan dijual dalam bentuk gula-gula. Camilan ini dimanfaatkan sebagai obat batuk yang ampuh.

      Resep ini kemudian diadaptasi oleh orang Perancis. Mereka menambahkan meringue atau putih telur kocok yang ditambahkan gula. Marshmallow ini disebut pate de guimauve dan biasa diberi perasa dari air mawar.

      Namun, yang kemudian menjadikannya camilan kembali adalah orang Mesir. Alih-alih ekstrak akar tanamannya, mereka menggunakan getah putih di bagian dalam kulit kayu. Getah tersebut kemudian direbus bersama sirup gula dan didinginkan sehingga menjadi gula-gula yang lembut dan kenyal.

      Kembali lagi ke guna pengobatan tanaman marshmallow, tidak hanya akarnya yang digunakan sebagai ramuan herbal. Bagian daun, bunga, dan akar tanaman pun bisa direbus dan diminum untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan selaput lendir seperti batuk dan pilek. Selain itu, ia juga bisa digunakan untuk mengobati maag dan sakit tenggorokan.

      Jadi, apabila ada pernyataan bahwa marshmallow bisa jadi obat batuk atau tidak, jawabannya adalah ya, terutama apabila kita mempercayai khasiat obat tradisional. Selain itu, marshmallow yang dimaksud bukanlah marshmallow yang dijual secara bebas ya.

Sumber : Google.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Benarkah Marshmallow....bisa atasi obat batuk? Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio