Desperindagkop: OKI Expo Berjalan Sesuai Jadwal

Kayuagung - Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Ogan Komering Ilir, Drs. H. Iskandar, ZA memastikan pelaksanaan OKI Expo tahun 2016 berjalan sesuai jadwal.

Dia juga memastikan setiap SKPD dan stake holder lainnya sudah memastikan untuk ambil bagian dalam gelaran 1 tahun sekali ini.

“Ini moment tahunan, di setiap SKPD juga sudah ada anggarannya dan setiap SKPD sudah memastikan untuk berpartisipasi," kata Kepala Disperindagkop OKI, Iskandar ZA, Rabu (5/10).

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten OKI menurut dia menargetkan transaksi selama pelaksanaan OKI Expo yang akan digelar pad 5-14 Oktober 2016 mendatang dapat terealisasi pada agregat Rp1,5miliar. Optimistis terwujudnya target tersebut didasari atas adanya pelaksanaan pameran bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM).

“Ya, dalam OKI Expo 2016, kami melibatkan banyak pihak seperti adanya stand bagi pelaku UMKM, termasuk adanya stand router bagi SKPD dilingkungan Pemkab OKI,”

Dia berharap melalui ajang expo ini dapat menggerakkan perekonomian di OKI sekaligus pendapatan pelaku UMKM.

“Expo ini merupakan ajang promosi dan investasi dengan pendekatan dua strategi yakni strategi bussines to customer yakni pelaku bisnis langsung menjual produk ke konsumen. Sedangkan strategi kedua ialah bussines to bussines yakni kesepakatan antara investor dengan sumber daya alam yang dimiliki melalui agrement,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Linmas Kabupaten OKI, Pratama Suryadi mengatakan. Selain ajang investasi OKI Ekspo juga bagian dari upaya pemerintah untuk memberi layanan langsung kepada masyarakat.

“selain target investasi yang kita lakukan adalah mendekat program dan layanan kepada masyarakat sehingga masyarakat memahami tugas dan fungsi SKPD” Ungkap Pratama

Di contohkannya Kesbangpollinmas Kabupaten OKI beserta Satpol PP memilih stand kerucut yang berada di luar tenda rouder untuk lebih memudahkan pengamanan.

“Kita semua ambil bagian di OKI Ekspo karena ini sudah jadi agenda tahunan. Kebetulan kita ambil stand kerucut untuk memudahkan pemantauan keamanan bagi sat pol PP” pungkas Pratama.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten OKI, Drs. Cholid Hamdan mengatakan melalui OKI Ekspo mereka akan melakukan pelayanan KTP ditempat serta menyiapkan mobil KTP Keliling.

“Kita ikut serta, ini agenda Pemerintah dan sudah ada anggarannya. Dengan momen ini kami juga bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat” Pungkasnya.

Kepala BP4K Kabupaten OKI, Imlan Chairun mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa produk yang akan ditampilkan pada even OKI Expo.

“Kita siap menyukseskan, di BP4K kami memiliki pengolahan bibit tanaman holtikultura yang ditampilkan yang bisa menjadi rujukan bagi para petani” pungkasnya.

Sementara itu Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir menyiapkan layanan kesehatan gratis di stan mereka saat OKI Ekspo nanti.

“Selain promosi kesehatan, kami dari dinas kesehatan akan memberikan layanan kesehatan seperti deteksi dini penyakit tidak menular, konsultasi kesehetan serta pemeriksaan tulang” pungkas sekretaris Dinas Kesehatan OKI, Iwan Setiawan.

OKI Expo menurut Iwan juga menjadi kesempatan yang baik untuk mempromosikan pola hidup bersih kepada masyarakat.

Menurut dia Dinas Kesehatan Kabupaten OKI siap menyukseskan pelaksanaan OKI Ekspo karena sudah menjadi agenda tahunan.

Even tahun OKI Ekspo menjadi media bagi pemerintah Kabupaten OKI untuk mengembangkan potensi daerah, mendorong pertumbuhan investasi bidang pertanian, pariwisata, serta industri dan perdagangan serta pelayanan publik.
Diberdayakan oleh Blogger.