Ini lho perbedaan baking soda dan baking powder

Kayuagung - OBMM Kedua bahan ini memang digunakan dalam banyak resep kue. Persamaan dari keduanya adalah dari bahan utamanya. Baking soda dan baking powder terbuat dari Natrium Bikarbonat atau yang sering disebut juga sebagai Sodium Bikarbonat. Bahan inilah yang akan membuat kue jadi mengembang. Beberapa orang menganggap kedua bahan ini sama, padahal keduanya sangat berbeda lho. Nah, apa sih perbedaannya?

Baking Soda

Bahan yang satu ini disebut juga dengan soda kue dan benar-benar murni sodium bikarbonat. Baking soda tak punya campuran bahan lain. Soda kue ini akan bereaksi dengan senyawa asam dan menghasilkan gelembung pada kue dan membuatnya mengembang. Reaksi ini tergolong cepat. Baking soda sendiri punya fungsi selain untuk membuat kue lho. Bahan yang satu ini bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai macam barang sampai dipakai sebagai bahan kecantikan.

Baking Powder

Baking powder sendiri terbuat dari bahan yang sama yakni sodium bikarbonat namun dicampur dengan bahan pengemulsi lainnya. Baking powder ini memiliki sifat asam yang lebih lemah dibandingkan baking soda. Jadi meskipun kamu menggunakannya pada kue yang tak mengandung asam, kuemu akan tetap mengembang dengan sempurna.

Itu tadi adalah perbedaan dari baking soda dan baking powder secara umum. Sebenarnya tak perlu bingung akan kegunaan keduanya karena pada setiap resep sudah tertulis betul harus menggunakan baking soda atau baking powder. Namun semoga informasi ini mampu memberikan pengetahuan baru untuk obmm.

Sumber : Google.com
Diberdayakan oleh Blogger.