728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 25 Oktober 2016

Program Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedele Diluncurkan Dinas Pertanian OKI

Kayuagung -Pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas pertanian tahun 2015 dan 2016 mengucurkan program upaya khusus  peningkatan produksi padi, jagung dan kedele ( Upsus Pajale) berupa dana bantuan pemerintah melalui rekening kelompok /gapoktan ungkap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI Syarifuddin, SP, M.Si, Selasa (25/10/16).
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI Syarifuddin, SP, M.Si juga menyampaikan untuk mendukung upsus pajale di kawasan sentra pangan di beberapa keamatan dalam kabupaten OKI, salah satunya di desa Bumi Agung Kecamatan Tanjung Lubuk. Kelompok tani melalui gapoktan merencanakan penggunaan dana untuk membangun perocemen di lahan sawah anggota  yang bertujuan menjamin tersalurnya air ke lahan-lahan sawah disaat tanaman padi membutuhkan air.
Syarifuddin, SP, M.Si juga menyampaikan untuk pelaksanaan fisik kegiatan ini dikerjakan oleh petani diawasi oleh semua elemen termasuk petani itu sendiri dengan pendamping PPL dan Babinsa setempat,  serta oleh tim Dinas Pertanian dan PU Pengairan Kabupaten.
Tahun 2016 ini petani Kabupaten OKI merealisasikan luas tanam 192 ribu hektar pada lahan lebak, tadah hujan, pasang surut dan irigasi. Teknis dari target seluas 195.106 hektar (98,4 %)  dan meningkat 37,3% dibandingkan luas tanam tahun 2015, "peningkatan luas tanam ini karena stabilnya harga beras yang dapat memotivasi para petani untuk menambah luas tanam melalui ekstensifikasi dan intensifikasi dari tanam 1 kali menjadi tanam 2 kali dalam setahun. Petani yang ada dì Kecamatan Tanjung Lubuk juga ikut termotivasi melaksanakan pertanaman 2 kali setahun termasuk pada lahan sawah baru di desa jutdadak", ungkap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI.
Kabupaten OKI ikut menyumbang pangan nasional 300 ribu ton beras tahun 2015, produksi ini diperoleh dari 17 kecamatan dari 18 kecamatan yang ada di OKI, Kecamatan Mesuji Makmur yang tidak mempunyai lahan padi   skala luas yang nota bene kebutuhan berasnya didatangkan dari luar kecamatan.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI Syarifuddin, SP, M.Si berharap dari peningkatan luas tanam ini berdampak positif terhadap perekonomian perdesaan serta secara makro dpt menghentikan import beras.
"Dukungan TNI AD dirasakan sangat signifikan dalam mendampingi para petani serta mengawal pelaksanaan upsus pajale, Tanjung lubuk juga thn 2016 mendapat alokasi cetak sawah baru di desa tanjung beringin dan pulau gemantung yg dikerjakan oleh zeni angkatan darat (ZIAD)", tambah Syarifuddin, SP, M.Si.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Program Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedele Diluncurkan Dinas Pertanian OKI Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio