Selada Air SAyuran pencegah Diabetes & kanker

Kayuagung - OBMM Mungkin tak banyak orang yang familiar dengan sayuran selada air. Sayuran dengan daun kecil berwarna hijau ini biasanya diolah menjadi tumis, gulai, pecel, atau bahkan sebagai garnish di steak yang biasa obmm makan.

Selain terkenal kaya akan serat, selada air ternyata mengandung banyak manfaat sehat seperti di bawah ini.

Mempercantik kulit
Selada air adalah sayuran yang kaya zat antioksidan. Kandungan mineral bersama dengan vitamin C di dalamnya bisa menghilangkan racun dan mempercantik kulit.

Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan bahwa 10 dari 11 wanita yang rajin makan selada air memiliki kondisi kulit yang cantik dan sehat.

Memelihara kesehatan mata
Selada air kaya akan lutein, zat antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Lutein bersama dengan zeaxanthin membantu melindungi dan memelihara sel sehat mata. Secangkir selada air mengandung 1961 mcg lutein dan zeaxanthin.

Mengontrol diabetes
Penderita diabetes sangat disarankan untuk rajin makan selada air sebab kandungan serat di dalamnya dapat mengaktifkan kerja insulin dan menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Menurunkan kolesterol
Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa makan selada air bisa menurunkan kolesterol jahat sebanyak 49% dan mengangkat kolesterol baik sebesar 16%.

Menurunkan hipertensi
Mirip dengan bit dan sayuran hijau lainnya, selada air mengandung nitrat yang tinggi. Nitrat sendiri berfungsi untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Mencegah kanker
Selada air merupakan sayuran yang mengandung phenylethyl isothiocyanate atau PEITC. Sebuah penelitian di tahun 2015 menemukan bahwa PEITC memiliki kemampuan untuk mengganti sel pembuluh darah yang rusak sehingga sel tumor tidak dapat mengakses suplai darah dan berkembang biak menjadi kanker.

Sumber : Google.com
Diberdayakan oleh Blogger.