Cara Merebus Sayuran yg Tepat

Kayuagung - OBMM Inilah cara merebus sayuran yang benar agar gizinya tidak hilang. Pasalnya, sayuran merupakan salah satu unsur makanan yang paling bernutrisi. Hal yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan nutrisi tersebut supaya tidak hilang adalah memasaknya dengan benar.

      Yang dimaksud dengan merebus sayuran di sini bukanlah membuat sayur bening, tapi untuk menyajikan sayuran masak. Contohnya adalah sebagai side dish atau makanan pendamping untuk makan berat Anda. Misalnya steak atau nasi dan lauk.

      Prinsip merebus sayuran yang benar adalah meminimalisir jumlah air dan waktu pemasakan. Sayuran direbus hingga airnya habis di dalam panci tertutup. Ketika air habis dan menjadi uap, uap tersebut akan masuk lagi ke dalam sayur dan membantu mematangkan sayuran. Nutrisinya tidak akan kemana-mana karena cairannya akan masuk ke dalam sayuran.

      Inilah jumlah air dan waktu yang tepat untuk mematangkan sayuran tersebut.

Buncis

      Untuk mematangkan 50 gram buncis, gunakan 1 sendok makan air. Waktu pemasakan adalah 3 menit 30 detik.

Wortel

      Untuk mematangkan 50 gram wortel, gunakan 1 sendok makan air. Waktu pemasakan adalah 3 menit 45 detik.

Brokoli

       Untuk mematangkan 100 gram brokoli, gunakan 2 sendok makan air. Waktu pemasakan adalah 2 menit 30 detik.

Bayam

       Untuk mematangkan 75 gram bayam, gunakan 3 sendok makan air. Waktu pemasakan adalah 3 menit 30 detik.

       Nah, itulah cara tepat merebus sayuran agar gizinya tidak hilang. Yuk, selalu sajikan makanan yang bergizi untuk keluarga kita. Tidak hanya mempertahankan nutrisinya. Cara memasak ini juga akan mempertahankan rasa sayuran. Wortel yang kita masak dengan cara ini, misalnya. Rasanya akan sangat manis, lho. Cocok sekali dimakan sebagai camilan sehat.
 
Sumber : Google.com
Diberdayakan oleh Blogger.