728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 10 November 2016

Kenali Beberapa Penyebab Payudara terasa sakit

Kayuagung - OBMM Kaum perempuan tidak boleh menyepelekan rasa nyeri atau sakit pada bagian payudaranya. Selain bisa menjadi indikasi sakit yang mengkhawatirkan, tentu saja kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Tujuan utama untuk mengenali rasa nyeri pada payudara demi mengetahui penyebabnya serta mendapat penanganan yang tepat.

Berikut ini 5 hal penyebab payudara terasa sangat sakit:

Menstruasi
Normal saja merasakan sakit pada payudara saat menstruasi sedang berlangsung karena perubahan hormon yang datang bersamaan dengan periode tersebut. Nyeri payudara yang berhubungan dengan siklus menstruasi disebut nyeri siklik dan biasanya hilang saat menstruasi berakhir. Jika siklus menstruasi Anda teratur, Anda bisa menggunakan penghilang nyeri payudara jika benar-benar merasakan saat menstruasi berlangsung.

 Kehamilan
Kehamilan mungkin saja menjadi penyebab payudara Anda sakit. Progesteron yang merupakan hormon menyebabkan nyeri payudara selama siklus menstruasi, juga diproduksi pada awal-awal kehamilan. Nyeri payudara selama kehamilan sering lebih ekstrem dan berlangsung untuk waktu yang lebih lama daripada nyeri payudara selama siklus menstruasi. Rasa sakit akan lebih parah selama trimester pertama kehamilan.

Ukuran payudara
Ukuran payudara merupakan salah satu dari sembilan penyebab payudara Anda sakit. Jika Anda memiliki payudara besar, nyeri payudara bisa terjadi karena berhubungan dengan ukuran payudara Anda. Nyeri leher, bahu, dan punggung dapat menyertai nyeri payudara karena ukuran payudara yang besar.

 Kadar konsumsi kafein
Mengonsumsi terlalu banyak kafein juga bisa menjadi penyebab payudara Anda sakit. Bisa jadi konsumsi kafein itulah yang menjadi alasan terutama pada wanita dengan payudara fibrokistik. Meskipun tidak ada penelitian yang membuktikan kopi dan teh dapat langsung menyebabkan nyeri payudara, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi asupan kafein dapat membantu meringankan ketidaknyamanan tersebut.

Mastitis
Perempuan yang menyusui bisa merasakan nyeri payudara, dan ini bisa menjadi tanda mastitis. Mastitis terjadi karena penyumbatan saluran susu yang menyebabkan peradangan di payudara. Beberapa gejala mastitis adalah nyeri payudara, demam, dan kemerahan di area payudara.

Sumber : google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kenali Beberapa Penyebab Payudara terasa sakit Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio