Komitmen Lintas Sektor/Koordinasi Lintas Sektor dan Sosialisasi Akreditasi Puskesmas Celikah

Puskesmas Celikah adakan Komitmen Lintas Sektor/Koordinasi  Lintas Sektor dan Sosialisasi Akreditasi Puskesmas 29/11/16
Kayuagung -Sebagai salah satu fasilitas pelayanan publik, puskesmas dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas pada semua masyarakat. Pelayanan kesehatan yang dibutuhkan saat ini, tidak hanya menunjang kemudahan akses namun juga harus mendukung peningkatan mutu dalam pelayanan serta dapat menjamin keselamatan pasien. Pelayanan yang bermutu dan berkualitas dapat diwujudkan apabila ada standar yang jelas sebagai pedoman dalam pelaksanaan dan pengawasannya.
Dalam mewujudkan hal itu, maka Puskesmas harus terakreditasi dengan baik dan perlu diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu, salah satunya dengan menguatkan peran Puskesmas dalam penyelenggara upaya kesehatan dasar. Agar Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal perlu dikelola dengan baik, seperti kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun sumber daya yang digunakan.

Dukungan lintas sektor ini sangat diperlukan, untuk itu Puskesmas Celikah mengadakan Pertemuan dan Penggalangan Komitmen Lintas Sektor dan untuk mewujudkan Kecamatan Kayuagung dan OKI khususnya Sehat dan Mensukseskan Akreditasi Puskesmas Celikah bersama lintas sektor terkait, Selasa (29/11/16). Bertempat di Puskesmas Celikah. Dalam acara tersebut, hadir Camat Kota Kayuagung Dedy Kurniawan SSTP, Kepala Dinas Kesehatan Yang diwakili Sekretaris Dinkes Iwan Setiawan, Para Kades, dan Jajaran Puskesmas Celikah.

Acara diawali dengan paparan atau sambutan Kepala Puskesmas Celikah Susmiyati SKm. Adapun dalam paparannya Susmiyati SKm memaparkan visi dan misi puskesmas celikah, “terciptanya masyarakat dalam wilayah kerja puskesmas celikah yang bersih, sehat serta menyeluruh dan terpadu bertumpu pada pelayanan prima dan pemberdayaan masyarakat.”


Sekretaris Dinkes OKI Iwan Setiawan mengatakan “Bila kita bicara akreditasi puskesmas maka tidak terlepas dari peran lintas sector di Kecamatan Kota Kayuagung, peran serta masyarakat disetiap desa diwilayah puskesmas celikah, karena akreditasi adalah mutu pelayanan pada masyarakat. Maka dari itu peran masyarakat dan lintas sektor sangat penting untuk akreditasi puskesmas celikah.”

Iwan melanjutkan “Akreditasi ini harus di dukung seluruh staf yang ada di puskesmas celikah, harus di dukung oleh kepala pemerintahan di kecamatan kayuagung dan harus mendapat dukungan dari kepala desa atau lurah yang ada diwilayah puskesmas celikah serta sangat penting juga dukungan dari masyarakat diwilayah kerja puskesmas celikah.”

Camat Kota Kayuagung Dedy Kurniawan SSTP menyampaikan “Kami dari pemerintah kecamatan mewakili para kepala desa/lurah dan khususnya masyarakat mengucapkan terimakasih kepada kepala puskesmas celikah dan jajaran yang tidak henti-hentinya memberikan perhatian, memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat yang ada diwilayah kerja puskesmas celikah. Kami tentu akan membantu dan mendorong puskesmas celikah dalam menuju akreditasi atau mendapatkan sertefikasi.” Dedy Kurniawan melanjutkan “Pemerintah kecamatan dan para kades/lurah harus ikut berpartisipasi, kita harus menyampaikan kepada masyarakat, bahwasannya akreditasi ini ada syarat-syarat mutlak yang harus dipenuhi puskesmas itu, jadi kita harus mengawasi puskesmas tersebut. Demi tercapainya akreditasi ini. Dan untuk mencapai akreditasi ini kita harus benar-benar mempunyai niat yang tulus demi terciptanya revolusi mental.”
Diberdayakan oleh Blogger.