728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 21 November 2016

Pemerintah Kabupaten OKI Upcara Peringatan HKN Ke-52

Peringatan HKN Ke-52 Kabupaten OKI Senin 21/11/16
Kayuagung - Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2016 dengan mengusung Tema “Masyarakat Hidup Sehat Indonesia Kuat”, dilaksanakan Pada hari Senin (21/11/16) Bertempat di lapangan Pemda Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional dipimpin oleh Wakil Bupati OKI H M Rifa'i SE, dan dihadiri Anggota DPRD Kab. OKI H Subhan Ismail, FKPD, SKPD, Pelajar, Serta Tamu Undangan. Sebelum upacara di mulai Dinkes OKI menggelar simulasi parade penanganan Epidemiologi.

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir H M Rifa’I SE dalam kesempatan ini membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek,Sp.M(K) yang antara lain isinya mengatakan bahwa Program prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 2015 – 2019 dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, sekaligus sebagai tindak lanjutnya telah terbit Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.


Dalam rangka penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, ditetapkan 12 indikator utama sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga, yaitu :

Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB )Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap Bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan Penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan Anggota keluarga tidak ada yang merokok Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Keluarga mempunyai akses sarana air bersih Keluarga menggunakan jamban sehat.

Peringatan HKN ke 52 ini merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua, untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan. Semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan, dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan nasional kita.
H M Rifa’I SE saat diwawancarai mengatakan “Tentunya denga peringatan ini kita berharap seperti yang sudah kita lihat ada pembagian-pembagian penghargaan, dengan tenaga medis kita, tentunya harapan kita meningkatkan motivasi mereka khusunya untuk OKI, untuk melayani masyarakat kita, yang selama ini masih banyak keluhan-keluhan dari masyarakat, tetapi tentunya dengan pelayanan yang baik masyarakat akan mengerti dengan kondisi para tenaga kesehatan. Dan kita selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan, meningkatkan fasilitas yang ada, baik itu tenaga medisnya maupun perlengkapan kesehatan itu sendiri.”

Sementara itu Kepala Dinkes OKI Drs M Lubis SKM M.Kes saat diwawancarai mengatakan " Ya jadi kita menargetkan seluru masyarakat itu bisa menolong dirinya sendiri dan bisa medeteksi bahwa dia sakit oleh karena itu kita melakukan penyuluhan pendekatan pada keluarga melalui prepentif dan promotif. Jadi apapun gayanya hidup bersih dan sehat adalah prilakunya.”

Lebih lanjut Lubis SKM M.Kes mengatakan “Fasilitas kesehatan yang ada di kita tahun ini ada 29 yang akan kita kembangkan menjadi 30 dan ada rumah sakit pratama. Ini tidak lain untuk mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat sehingga masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan itu tidak jauh, melalui pendekatan keluarga kita membangun OKI dari Desa melalui keluarga yang sehat. Bagaimana keluarga yang sehat, keluarga yang berprilaku hidup bersih dan sehat . Melaksanakan kegiatan sehari – hari lingkungan yang bersih mencegah penyakit dari penyebab lingkungan dan membiasakan hidup sehat didalam keluarganya, terutama pada ibu – ibu hamil yang rentan terhadap penyakit, anak balita ini yang menjadi focus kita.”

Lubis berharap “Untuk tenaga kesehatan harus selalu stanby ditempat untuyk memberikan pelayanan terhadap masyarakat dan meningkatkan kafasitas kemampuan baik kemampuan skill, keterampilan dalam memberikan pelayanan dan kita berupaya secara berangsur – angsur untuk memenuhi kebutuhan sarana kesehatan sehingga apa yang dikatakan oleh menteri kesehatan bahwa Puskesmas atau pelayanan kesehatan tingkat primer ini bisa memberikan pelayanan secata maksimal tidak perlu dirujuk, Puskesmas bisa memberikan pelayanan dengan kafasitas petugas petugas kemudian dengan saranan yang memenuhi syarat secara optimal.”

Anggota DPRD OKI Komisi III H Subhan Ismail mengatakan "Sepanjang itu semua untuk kebutuhan masyarakat khususnya OKI, meskipun kita ini hari kesehatan nasional secara keseluruan dari menteri jadi khususnya kabupaten OKI ini, kami mendukung apapun yang menjadi program pemerintah daerah terhadap, baik itu dari sarana, persarana bahkan pelayanan, seperti pelayanan yang ada titik yang dianggap kurang melayani paling tidak siap dari dinas kesehatan, terutama kami sebagai dewan kabupaten OKI akan mengontrol secara keseluruan karena kesehatan ini menurut saya tidak jauh dari pendidikan pelayanan yang utama bagi pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah.”

Dalam kegiatan Peringatan HKN ke 52 dilaksanakan Pemberian Pengahargaan hasil lomba bidang kesehatan, dan pemberian Mobil Operasional Bantuan Kementrian Kesehatan.

Dokter Teladan

1 .Dr.M. Tito Aristian Puskesmas Pedamaran Timur Juara 1 TK Kab. OK

2. Dr. Gustiwati Octavia Puskesmas Celikah Juara 2 TK Kab. OKI

3. Dr. Nia Avriani Puskesmas Pedamaran Juara 3 TK Kab. OKI

Tenaga Para Medis Teladan

1 . Adi Candra, S. Kep Puskesmas Pematang Panggang II Juara 1 TK Kab. OKI, Juara 2 TK Prov, Sumsel

2. Lativa Trisna, AMG Puskesmas Muara Batun Juara 2 TK Kab. OKI

3. Arniana, AM. Kep Puskesmas Tulung Salapan Juara 3 TK Kab. OKI

Tenaga gizi teladan

1. Hj. Nurleli, AMG Puskesmas SP. Padang Juara 1 TK Kab. OKI

2. Sumartini, AMG Puskesmas Awal Terusan Juara 2 TK Kab. OKI

3. Yenika Febrianti, AMG Puskesmas Celika Juara 3 TK Kab. OKI

Tenaga Juru Imunisasi Teladan

1. M. Amirullah, AM. Kep Puskesmas Celikah Juara 1 TK Kab. OKI

2. Suryanto puskesmas Pematang Panggang III Juara 2 TK Kab. OKI

3. M. Habusllah, Am. Kep Puskesmas Cengal Juara 3 TK Kab. OKI

Tenaga Kesmas Teladan

1. Santi Oktarina, SKM Puskesmas Muara burnai Juara 1 TK Kab. OKI

2. Leni Budiman, SKM Puskesmas Celikah Juara 2 TK Kab. OKI

3. Desy Amriani, SKM Puskemas Pedamaran Juara 3 TK Kab, OKI

Bidan Teladan

1. Gandes Wentiyanni, AM. Kep Bidan Desa Mulya Kec. Air Sugihan Juara 1 TK Kab. OKI

Juara 1 TK Prov. Sumsel

2. Eli Jayanti Fitriani, AM. Kep Bidan Desa Beringin Jaya Kec. Mesuji Makmur juara 2 TK Kab. OKI

3. Robiatun, AM. Kep Bidan Desa Sinar Harapan Mulya Juara 3 TK Kab. OKI

Kec. Teluk Gelam

PEMENANG PUSKESMAS BERSI DAN BERPRESTASI TINGKAT KABUPATEN OKI TAHUN 2016

Pemenang I Puskesmas Pematang Panggang IV H. Zaidan, SKM

Pemenang II Puskesmas Pematang Panggang II Dr. Hj. Asri Wijayanti, M.Kes

Pemenang III Puskesmas Celikah Hj. Susmiyati. SKM

Kepala Puskesmas Pedamaran Timur Iwan penerima bantuan mobil operasional mengatakan "Alhamdulillah senang, kami ucapankan terimaksi kepada pemerintah Kabupaten OKI terutama bapak bupati H. Iskandar, SE, kami masyarakat terutama dari kesehatan senang dengan mobil yang sudah di anggarkan dari pemerintah Kabupaten OKI, kami akan tingkatkan untuk kelancaran dan kegiatan-kegiatan pelayanan kepada masyarakat, mudah-mudahan kedepanye lebih optimal lagi dan bisa kita tingkan lagi kegiatan-kegiatan yang lain.”
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemerintah Kabupaten OKI Upcara Peringatan HKN Ke-52 Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio