728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 20 Desember 2016

Ketersedian Beras Kabupaten OKI Surplus 400 Ribu Ton

Kepala Dinas Pertanian Syarifudin Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian.
Kayuagung -Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memperkirakan ketersediaan beras untuk memenuhi kebutuhan pangan di Kabupaten OKI hingga akhir tahun 2017 akan mengalami surplus atau kelebihan hingga 442.855 ton. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI, Sarifuddin, SP, M. Si mengungkapkan, ketersediaan beras tersebut di peroleh dari luas tanam padi sebanyak 195.611 Ha serta sasaran produksi sebesar 899.811 ton/GKG.Sementara kebutuhan konsumsi penduduk Kabupaten sebanyak 776.253 jiwa sebesar 97.031 ton.

"Jadi diperkiraan neraca domestik beras surplus 442 ribu ton, bahkan ada kenaikan sebanyak 7 persen dari surplus tahun 2016 ini sebesar 413.876 ton,” Ujarnya, saat penyerahan bantuan handtractor kepada kelompok tani di Halaman Dinas Pertanian OKI, Selasa kemarin (23/12/2016).

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten OKI, H. Husin, S. Pd MM mengatakan keberhasilan dalam hal swasembada padi menunjukkan produksi dari sisi hulu tercapai. 

“Dengan adanya surplus artinya untuk kebutuhan makan sendiri sudah cukup. Pekerjaan rumah berikutnya adalah melanjutkan upaya yang sama di tahun-tahun yang akan datang, sekaligus memprediksi volume produksi beras di OKI” paparnya. 

Selain itu, katanya, upaya yang akan terus dilakukan OKI yakni bagaimana mengolah, menyimpan, dan mengendalikan keadaan logistik. 

“Untuk itu, saya terus mendukung upaya untuk mengembalikan Bulog sesuai dengan fungsi awalnya yaitu sebagai penyedia logistik. Daulat inilah yang harus dikembalikan agar kebutuhan pangan terpenuhi,” jelasnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ketersedian Beras Kabupaten OKI Surplus 400 Ribu Ton Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio