728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 08 Februari 2017

Benarkah Warna Makanan Di Piring Bisa Pengaruhi Porsi Makanmu?

Kayuagung - OBMM Apa yang membuatmu tertarik dengan makanan tertentu? Apakah itu karena rasa, karena aromanya atau karena tampilannya? Salah satu faktor yang paling cepat membuat orang tertarik dengan makanan pasti adalah tampilannya, apalagi dari segi warna.

Jika yang satu ini sudah eye-catchy, maka mudah sekali dipilih. Itulah mengapa, warna makanan juga memiliki peran penting menentukan apakah obmm makan lebih banyak atau tidak. Menurut sebuah penelitian, warna makanan di piring mampu mengukur porsi makan setiap harinya.

Para peneliti, Dr. Brian Wansink dan Dr. Koert van Ittersum, menemukan bahwa kontras warna makanan dan warna dasar piring akan menciptakan ilusi optik (dikenal dengan ilusi Delboeuf) yang bisa menimbulkan atau mematikan nafsu makan.

Dalam penelitian, peneliti mengadakan tes efek kontras warna pada 60 orang. Separuh partisipan diberi makanan dengan piring putih berisi pasta dengan saus tomat atau Alfredo, dan separuh lainnya disajikan makanan dengan piring merah.

Hasilnya, warna kontras yang rendah dengan makanan bisa menekan nafsu makan. Partisipan yang makan dengan piring putih, makan 30% lebih banyak dibanding partisipan yang disajikan makanan dengan piring merah (yang mana sewarna dengan makanan yang disajikan).

Jadi, jika obmm ingin mengurangi porsi makan, makanlah dengan wadah yang sewarna dengan makananmu. Jika obmm makan sayuran, pakai piring warna hijau, jika makan pasta dengan saus merah pakai piring warna merah dan lain sebagainya. Dengan begini, obmm bisa menekan nafsu makan dan diet.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Benarkah Warna Makanan Di Piring Bisa Pengaruhi Porsi Makanmu? Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio