728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 19 Juni 2017

Kades SP Padang Ajak OPD Sukseskan Program Pembangunan Dari Desa

Kayuagung -Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan SP Padang "menantang" Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), untuk saling bekerjasama dalam mensukseskan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI yakni, membangun OKI dimulai dari desa.

Hal ini diutarakan oleh Ketua Forum Kades se-Kecamatan SP Padang, Halim Burlian yang didampingi oleh Sekretaris Forum Kades, Bambang Irawan bersama dengan Kades-kades se-Kecamatan SP Padang, pada saat melakukan dialog bersama Pemkab OKI di Desa Batua Ampar Kecamatan SP Padang, Sabtu (18/6/2017). 

Lebih lanjut disampaikannya, tantangan ini bukan untuk mencari siapa yang terbaik diantara OPD dan Kades, tetapi hal ini kita lakukan untuk membangkitkan semangat bersama dalam membangun Kabupaten OKI yang kita cintai ini. 

"Untuk membangkitkan semangat tersebut, kita harus menjadi rival agar keinginan kita untuk membangun Kabupaten OKI yang lebih baik lagi dapat terus meningkat dan meningkat sesuai dengan rival dalam bersaing dalam membangun OKI sesuai dengan tugas dan tupoksi masing-masing," ungkapnya. 

Sebelumnya dijelaskan, Bupati OKI, H Iskandar SE pada kesempatan tersebut, dalam mewujudkan semangat dalam membangun Kabupaten OKI kita harus memiliki semangat yang kuat dan disertai dengan kebersama saling bergotong royong dalam mewujutkannya. 

Masih kata H Iskandar, dengan luas wilayah 19 ribu meter persegi Kabupaten OKI merupakan kabupaten terluas di Pulau Sumatera yang berbatasan dengan Provinsi Bangka dan Provinsi Lampung. 

"Jika dibandingkan, luas wilayah Kabupaten OKI sama dengan Provinsi Bengkulu dan 2 kali lipat dari Provinsi Banten, dengan anggaran yang kita kelola hanya sebesar Rp1800 miliyar. Sehingga dengan keterbatasan anggaran yang ada Pemkab OKI tidak mampu mengkafer semua permasalan yang ada," jelasnya. 

Dibeberkan H Isakandar, jika kita berbicara masalah jalan, Kabupaten OKI memiliki jalan sepanjang 2000 kilo meter, sedangkan untuk perbaikan jalan saja memakan dana sebesar Rp500 juta untuk 1 KM. Jika kwalitas jalan tersebut ditingkatkan sesuai kondisi dari Kabupaten OKI yang berlahan rawa dan gambut, pembangunan jalan yang berkwalitas cor beton memakan dana sebesar Rp5 miliyar untuk 1 kilo meternya. 

"Bayangkan jika 2000 kilo meter dikali Rp5 miliyar untuk 1 kilo meternya, Pemkab OKI harus memegang anggaran sebesar Rp10 ribu miliyar untuk membangun jalan cor beton, sedangkan untuk perbaikan kita memelurkan dana sebesar Rp1000 miliyar," ungkapnya. 

Lebih jelas dilanjutkannya, dari APBD Rp1800 miliyar yang dimiliki Pemkab OKI, angka tersebut belum dipotong dari pada PPh dan PPn, ditambah lagi biaya tidak langsung diantaranya yakni gaji pegawai, perlengkapan kantor dan lain sebagainya yang tidak bisa diganggu gugat. "Belum lagi dana yang dibagi untuk pembangunan 327 desa di Kabupaten OKi, pembagian anggaran kepada dinas instansi seperti, kesehatan, pendidikan, perikanan, energi dan perumahan rakyat, Dinas pekerjaan umum dan lain sebagainya, sehingga dana tersebut tidak mampu untuk mengkafer semua permasalahan yang ada di Kabupaten OKI," terangnya. 

Jadi, dengan semangat dan gotong royong yang digelorakan oleh pemerintah desa untuk bahu membahu mendukung dengan bekerjasama dan bermufakat dalam mensukseskan program Pemkab OKI, insyallah disisa 2 tahun kepemimpinan saya program membangun OKI dimulai dari desa dapat terealisasi, seperti halnya program 1 Desa 1 Paud, 1 Desa 1 Poskesdes, termasuk juga penerangan listrik yang hadir dimasyarakat yang belum teraliri listrik di Kecamatan, Air Sugihan, Cengal, Sungai Menang, Pedamaran Timur dan Sebagian Mesuji Raya. 

"Apa lagi ditahun 2017 ini, Pemkab OKI bakal menyelesaikan pembangunan jalan cor beton sebagai penghubung ibu Kota Kayuagung ke 5 Kecamatan yang berada diwilayah bumi bende seguguk," terangnya. 

Dalam kesempatan itu juga, masyarakat se-Kecamatan SP Padang memberikan pernyataan sikap dan dukungan secara tertulis kepada Bupati OKI, H Iskandar SE agar dirinya dapat mencalonkan kembali sebagai Bupati OKI pada periode 2019-2024, untuk melanjutkan kembali program kerjanya guna menuju Kabupaten OKI yang mandiri dan sejahtera. 

"Kami masyarakat se-Kecamatan SP Padang yang diwakili oleh tanda tangan pernyataan sikap dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di 20 desa yang berada di Kecamatan SP Padang, siap mendukung dan memangkan H Iskandar SE pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) periode 2019-2024 yang bakal digelar pada tahun 2018 mendatang," kata Drs H Suparman pada saat membacakan pernyataan sikap dan dukungan dari masyarakat se-Kecamatan SP Padang.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kades SP Padang Ajak OPD Sukseskan Program Pembangunan Dari Desa Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio