Pramuka Harus Andil Menangkal Isu-Isu Yang Bersifat Provokatif

Kayuagung -Di era mudahnya peneyebaran informasi seperti yang terjadi saat ini, Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE berpesan kepada seluruh anggota pramuka untuk turut menangkal isu-isu yang bersifat provokatif yang dapat memecah belah kesatuan.

Hal tersebut diungkapkannya saat upacara peringatan hari pramuka ke-56 tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) OKI, di halaman kantor bupati OKI, Selasa (29/82017). Dihadapan para anggota pramuka, dirinya menegaskan pramuka untuk turut menolak ataupun menagkal berita-berita hoax.

"Pramuka haruslah aktif, produktif dan kreatif. Salah satunya harus produktif dan kreatif dalam menyuarakan informasi. Oleh karena itu, teksline dari pramuka saat ini adalah pramuka jadi kantor berita," jelasnya.

Saat ini, lanjut Bupati, Pramuka tidak sekadar hanya menjadi konsumen informasi, tapi juga menjadi produsen informasi. "Selain memberitakan informasi di media sosial, pramuka juga merespons dan menolongnya di tempat. Inilah spirit baru gerakan pramuka di era digital. Keberadaan gerakan pramuka baik di media sosial maupun di dunia nyata harus lebih terasa kehadirannya," ujar Iskandar SE.

"Bukan sekadar fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa, utamanya menyiapkan generasi mileneal untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsanya," lanjutnya.

Masih kata Iskandar SE, stahun lalu Presiden RI mengingatkan untuk dapat memanfaatkan dengan baik media sosial. "Alhamdulillah, saat ini gerakan pramuka memiliki tagline yaitu 'setiap pramuka adalah kantor berita' yang artinya bahwa anggota pramuka harus lebih aktif, produktif, dan kreatif dalam menyuarakan berita," jelasnya.

Dirinya meyakini bahwa pramuka inilah garda terdepan bangsa, garda terdepan Pancasila, yang merupakan aset penting bagi keutuhan Negara Kesatuan Rpublik Indonesia (NKRI). 

"Usia 56 tahun gerakan pramuka bukanlah usia yang pendek. Hal ini meembuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam dunia pendidikan di indonesia. Dan sampai saat ini semangat itu tidak pernah pudar," pungkasnya.
Diberdayakan oleh Blogger.