728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 06 Agustus 2017

Tingkatkan Kinerja & Fungsi, 375 Linmas Dilatih

Kayuagung -Guna meningkatkan Akseptabilitas, Kapabilitas dan Kapasitas Lindungan Masyarakat (Linmas) yang tersebar di desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Kayuagung. Sebanyak 375 Linmas dilatih oleh BPBD OKI, Kesbangpol, Pol PP, TNI dan Polri.

"Pelatihan yang diberikan berupa materi - materi untuk menambah wawasan dan pengetahuan Linmas mengenai hak dan kewajiban mereka," ungkap Camat Kayuagung Dedy Kurniawan SSTP, usai pembukaan pelatihan di Taman Kota Kayuagung, Jumat (4/8/2017).

Tujuan dasar dari pembinaan yang dilakukan secara berkala ini untuk lebih meningkatkan ketertiban dan keamanan dilingkungan masyarakat yang ada di wilayah desa maupun kelurahan yang ada diwilayah kecamatan Kayuagung", ungkap Dedy.

Selain itu, seluruh linmas juga diberikan wawasan, pengetahuan serta pengalaman tentang materi keamanan, kedisiplinan, pelayanan, pengabdian, dan keterampilan bela negara, yang harus proaktif dalam mengahadapi persoalan yang sekiranya bisa mengganggu ketertiban dan keamanan lingkungan.

"Pembinaan Linmas ini diikuti oleh seluruh anggota Linmas yang ada di wilayah kecamatan Kayuagung, dan semuanya mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan penuh antusias yang diadakan oleh pemerintah kecamatan Kayuagung," ujarnya.

Lanjutnya, diberikan pula pelatihan mengenai bagaimana menjalankan tugas dan perlindungan masyarakat. "Juga ada pelatihan baris berbaris," tukasnya.

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari (Jumat, Senin dan Selasa). Usai pelatihan ini diiharapkan hansip bisa melaksanakanya tugas dengan sebaik mungkin. 

Apalagi keberadan linmas juga telah diatur dalam Permendagri No 84 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat. "Sehingga tugasnya telah diatur dan dilindungi oleh peraturan yang ada," ungkapnya.

Palatihan yang dibekali diantaranya mengenai penanggualangan bencana, deteksi dini dalam menjaga kamtibmas serta ancaman teroris. Pilkada, kegiatan sosial masyarakat, keamanan dan lainnya.

"Linmas merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek terutama masalah kesejahteraan, karena keamanan juga pencerminan dari kesejahteraan," katanya.

Salah seorang anggota Linmas, Slamet (40), saat ditanya menambahkan, pelaksanaan pembinaan ini dianggap sangat membantu dalam menjalankan tugas dan serta fungsinya, karena membawa wawasan, pengetahuan, dan pengalaman khususnya tentang peran dan fungsi linmas. 

"Tidak hanya sebagai keamanan lingkungan saja, ternyata masih banyak lagi tugas dan fungsi linmas diluar itu seperti, penanggulangan bencana, terorisme, bela negara, berjiwa sosial, dan harus mampu mengatasi berbagai hal yanh sekiranya akan merugikan banyak orang dan mempertahankan NKRI," jelasnya
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tingkatkan Kinerja & Fungsi, 375 Linmas Dilatih Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio