Tips Agar TErhindar DAri Sengatan Lebah

Kayuagung - OBMM Beraktivitas di luar ruang memang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Tapi di wilayah tropis seperti Indonesia, ada hal-hal yang harus diperhatikan, misalnya sengatan lebah atau serangga lainnya.
Bagaimana menghindarinya? Berikut  tips yang bisa kita lakukan agar tawon dan teman-temannya menjauh dari kita.

Jangan terlalu wangi
Tawon, lebah, dan banyak serangga lain tertarik pada bunga. Jadi bila Anda mengenakan krim atau wewangian dengan aroma bunga, serangga-serangga akan mendekat karena mengira ada bunga di sekitar Anda. Jadi lebih baik gunakan produk yang berbau netral.
Bahkan jika Anda mau, makan bawang putih akan membuat nyamuk dan serangga lain (juga teman-teman Anda) menyingkir karena tubuh Anda akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

Hindari warna mencolok
Selain wangi, bunga umumnya juga memiliki warna cerah dan mencolok. Sehingga mengenakan pakaian atau aksesoris warna-warni dengan motif ramai akan membuat lebah mengira Anda sebagai kumpulan  bunga.
Bila Anda tidak ingin menjadi pusat perhatian serangga, gunakanlah warna-warna yang lebih redup seperti warna tanah.

Perhatikan makanan dan minuman Anda
Ingat pepatah ada gula ada semut? Ya, kebanyakan serangga menyukai makanan dan minuman manis. Lebah juga tertarik pada minuman bergula yang Anda bawa. Karenanya simpanlah bekal Anda dalam wadah tertutup agar tidak menarik mereka.

Pakai alas kaki
Banyak serangga tinggal di permukaan tanah. Bila Anda tidak sengaja menginjak sarang atau mengganggu aktivitas mereka dengan kaki telanjang, bersiaplah untuk menerima gigitan atau sengatan. Cara terbaik adalah melindungi kaki dengan sepatu.

Tetap tenang
Bila lebah atau serangga penyengat lain terlanjur mendekati Anda, tetaplah bersikap tenang. Gerakan menghalau atau kepanikan berlebih justru membuat hewan-hewan kecil itu lebih agresif. Lebih baik menyingkir agar tidak harus merasakan nyerinya disengat.

Gunakan lotion anti serangga
Walau minyak dan lotion anti serangga kebanyakan ditujukan untuk menghalau nyamuk, namun benda yang sama juga bisa mengusir serangga lain. Dengan menggoleskannya, Anda akan terhindar dari hewan-hewan itu.

Sumber : KOmpas.com
Diberdayakan oleh Blogger.