728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 15 Agustus 2017

Tips Menyimpan Semangka,Berapa lama ia bertahan disimpan

Kayuagung - OBMM Sebagai makanan, semangka juga punya waktu tertentu, berapa lama ia layak makan hingga akhirnya membusuk. Seperti misalnya buah pisang yang harus segera dimakan jika sudah berwarna kuning (tanda sudah matang), maksimal 4 hari setelah matang. Karena setelah itu, pisang akan membusuk.
Lalu bagaimana dengan buah semangka? Buah berdaging merah ini punya ketahanan yang cukup lama untuk ukuran buah jika belum dibelah atau dibuka, yaitu 3-4 minggu setelah dipanen, berdasarkan National Watermelon Promotion Board.

Semangka sendiri adalah jenis buah yang sebenarnya harus habis sekali makan, habis saat itu juga ketika disajikan. Bukan tipe buah yang cocok disimpan lama setelah dipotong. 

Menyimpan semangka utuh
Cara paling umum dan aman menyimpan semangka setelah dibeli adalah ditaruh di tempat sejuk dan teduh bersuhu ruangan. Tidak perlu menyimpan semangka utuh di dalam kulkas karena selain makan tempat, juga tidak efektif.

Menyimpan semangka setelah dibelah/dipotong
  1. Simpan semangka di kulkas hanya jika telah dipotong. Jika tidak habis dalam satu waktu setelah memotong semangka, usahakan tidak memotong semangka menjadi beberapa bagian hingga daging buahnya terlihat.
  2. Jika ingin menyimpan semangka sebagian, potong semangka separuh atau jadi dua. Kemudian tempatkan bagian potongan semangka yang datar di atas piring, lalu simpan di kulkas. Karena waktu terlama semangka layak makan setelah dipotong akan turun drastis, menjadi 3-5 hari saja.
  3. Simpan di dalam wadah tertutup. Jika memang memotong semangka jadi beberapa bagian, pastikan menyimpannya di dalam wadah tertutup agar tidak terkena udara kulkas karena akan akan mempengaruhi rasa dan tekstur semangka.
Nah, itu obmm. Jika  sudah tahu cara memilih semangka yang baik, memilih yang manis dan bahkan ahli memotong semangka, saatnya belajar bagaimana menyimpan buah semangka agar tidak mudah busuk dan bisa dimakan dalam jangka waktu lama seperti yang telah dijelaskan di atas.
Sumber : Kompas.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Menyimpan Semangka,Berapa lama ia bertahan disimpan Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio