728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 05 September 2017

Cengal, Kades Terpilih Dilantik 13 September

Kayuagung -Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), bakal melantik 13 Kepala Desa (Kades) dari hasil pemilihan kedes (Pilkades) serentak tahun 2017 lalu. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas PMD OKI, Hj Nursula SSos, melalui handphonenya, Selasa (6/9/2017) di Kayuagung.

“Kita telah menjadwalkan pelantikan kades dari hasil pilkades serentak beberapa bulan lalu. Rencananya akan dilaksanakan dikecamatan masing masing, untuk pertama yakni Kecamatan Cengal diselenggarakan di Desa Sungai Somor pada tanggal 13 September 2017,” kata Nursula. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk Kecamatan Cengal terdiri dari Desa Sungai Somor dan Desa Talang Rimba, namun direncanakan Desa Gajah Mati (Kecamatan Sungai Menang, red) akan ikut gabung pada pelantikan di Desa Somor dengan alasan pertimbangan jarak lebih dekat jika harus tergabung pada saat pelantikan Kecamatan Sungai Menang yang dilaksanakan di Desa Talang Jaya.

“Kecamatan Sungai Menang lokasi pelantikannya di Desa Talang Jaya, sehingga lebih jauh bagi Desa Gajah Mati,” ungkapnya, seraya menjelaskan adapun di Kecamatan Sungai Menang yang turut pilkades serentak, terdiri dari tiga desa yakni Desa Gajah Mati, Sungai Ceper Talang Jaya.

Masih dijelaskannya, untuk saat ini yang telah mendapatkan jadwal yakni Kecamatan Cengal, sedangkan Kecamatan lainnya untuk jadwal masih dalam tahap koordinasi.

Adapun pertimbangan pelantikan pertama Kecamatan Cengal, karena di Kecamatan Cengal dalam hal ini Desa Somor, belum sama sekali melakukan pencairan baik Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD), karena Pjs Kades belum memiliki Rancangan Desa (APBdes) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes).

Itu salah satu menjadi pertimbangan dilaksanakan pelantikan pertama, guna menyerap penggunaan ADD dan DD.

“Iya itu salah satu pertimbangan kenapa Kecamatan Cengal mendapat jadwal pertama pelantikan,” ungkapnya.

Dipaparkannya, adapun total jumlah desa yang akan dilantik 55 desa dari 16 Kecamatan, plus Desa Tanjung Batu Kades hasil Pilkades PAW Kecamatan Tulung Selapan, sehingga menjadi menjadi 56 desa.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cengal, Kades Terpilih Dilantik 13 September Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio