728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 29 September 2017

Empat Pemuda Pantai Timur Selesaikan Studi Beasiswa PT OKI Pulp and Paper Mils

Kayuagung -Empat putra pesisir timur yang berasal dari Kecamatan Air Sugihan dan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang mendapatkan beasiswa pendidikan dari PT OKI Pul and Paper Mils angkatan pertama tahun 2014 lalu berhasil menyelesaikan studinya di Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung, Jawa Barat.

Direktur PT OKI Pulp and Paper Mils, Gadang H Hartawan mengatakan, sejak awal pabrik pulp berdiri pihaknya berkomitmen untuk merangkul tenaga kerja dari masyarakat lokal, yang memiliki pengetahuan yang baik mengenai industri pulp dan kertas salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada putra putri terbaik di daerah tersebut.

“Kita sangat sulit mendapatkan sumber daya manusia yang ideal. Apalagi, generasi muda di pedesaan sangat minim mendapatkan pendidikan formal yang baik. Salah satu caranya, kita memberikan bantuan beasiswa pendidikan. Terutama kepada generasi muda yang sudah masuk usia kerja,” katanya, Kamis (28/9/2017).

Saat ini, kata Gadang, penerima beasiswa angkatan pertama sudah berhasil menyelesaikan studinya dan sudah di wisudah Keempat anak tersebut Anwar Amidi, warga Desa Rantau Karya; Ari Susanto dari Desa Nusa Karta; Yusuf Firmansyah dari Desa Jadi Muliya; serta Adi Irawan dari Kecamatan Tulung Selapan. Keempat anak tersebut adalah siswa terbaik dari dua sekolah menengah atas di Air Sugihan dan Tulung Selapan.

“Program ini akan dilakukan setiap tahun bagi masyarakat di sekitar perusahaan dan Kabupaten OKIhingga kebutuhan tenaga kerja tercukupi,” kata Gadang.

Dijelaskan Gadang, Keempat putra pesisir tersebut akan langsung dipekerjakan di PT OKI Pulp dengan ikatan dinas selama enam tahun.

Hingga saat ini kata Gadang, pihaknya telah membiayai sebanyak 38 putra daerah OKI sejak tahun 2014. “Pada 2014 kita membiayai 4 orang, 2015 sebanyak 10 orang, dan 2016 ada 9 orang dan pada 2017 ini kita kembali memberikan beasiswa untuk 15 orang putra lokal,”terangnya.

Menurutnya, selain biaya dibayar penuh para mahasiswa ini juga bebas biaya asrama ditambah uang saku perbulan plus biaya tiket liburan lebaran pertahun kemudian untuk alat tulisnya juga ditanggung oleh pihak perusahaan.

Selain memberikan beasiswa pendidikan kepada masyarakat lokal, PT. OKI Pulp & Paper Mills juga mendorong program penguatan pangan di masyarakat, termasuk pula membangun infrastruktur bagi kepentingan masyarakat. Program ini sejalan dengan visi pemerintah Kabupaten OKI yang akan membangun dari desa.

“Program pangan yang akan dorong pada masyarakat, sesuai dengan aktivitas pertanian yang sudah berlangsung selama ini. Seperti padi, buahan, dan sayuran. Kita pun akan mendorong pengembangan pangan berupa perikanan yang memanfaatkan Sungai Air Sugihan oleh masyarakat,” ujarnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Empat Pemuda Pantai Timur Selesaikan Studi Beasiswa PT OKI Pulp and Paper Mils Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio