Go Green Lahan Tidur Menjadi Perkebunan

Kayuagung -Lahan desa yang sebelumnya belum diolah sejak tahun 1990, kini dimanfaatkan warga Desa Sumber Mulya, Kecamatan Mesuji Makmur. Lahan tersebut diolah menjadi perkebunan jagung setelah mendapat program Go Green dari Polres OKI. 

"Program Go Green ini pertama dilakukan si Polres OKI. Tujuannya selain untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan juga meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Kapolres OKI AKBP Ade Harianto didampingi Kasat Binmas Iptu Siska Arisandi, Senin (25/9/2017).

Sambungnya dengan adanya program Go green ini diharapkan diikuti oleh desa lain di Mesuji Makmur. Program ini juga bekerja sama dengan Dinaa Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura OKI. Diberikan pula bantuan berupa pupuk dan bibit kepada masyarakat sekitar.

Kades Sumber Mulya Baba Arista mengungkapkan bahwa lahan tidur tersebut diolah menjadi lahan perkebunan yang akan digarap oleh 30 anggota kelompok. 

Lanjutnya, pengolahan lahan diserahkan bagi warga yang kurang mampu di desa setempat. "Nanti sistem bagi hasil, dan sebagian hasilnya untuk kas desa," ungkap Kades.

Awalnya lahan tersebut akan ditanam jagung, kedepan pengambangannya akan ditanami sawit. Namun juga ditanami palawija dengan sistem tumpang sari.

Camat Mesuji Makmur Suwanta menambahkan bahwa pihaknya akan mensosialisasika prgram go green yang diinisiasi Polres OKI. Ke depan, desa lain yang memiliki lahan tidur bisa diolah melalui program dari polres tersebut.
 
"Program ini cukup baik, karena selain mencegah karhutla lahan yang ada bisa dimanfaatkan warga setempat," tukas Suwanta.
 
Dibagian lain, dalam program go green tersebut juga diberikan bantuan pupuk bagi petani cabai desa setempat.
Diberdayakan oleh Blogger.