Minum Air Panas Tak Melulu Menyehatkan, Ini 5 Bahayanya

Kayuagung - OBMM Air merupakan satu-satunya minuman menyehatkan yang kaya manfaat buat tubuh. Sebaiknya, seseorang konsumsi air putih kurang lebih sebanyak 8 gelas perhari. Bisa air putih atau air putih hangat. Hanya saja, walau pun air putih sangat menyehatkan, peneliti menyebutkan bahwa konsumsi air putih tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Dikutip dari laman stylecraze.com, konsumsi air putih yang berlebihan justru bisa memicu berbagai efek samping berbahaya bagi tubuh. Terlebih lagi, ketika air putih dikonsumsi dalam suhu yang panas atau hangat. Apa saja efek sampingnya? Simak yang berikut ini.

  1. Melukai Mulut & Lidah. Air yang masih terlalu panas dan diminum, ini bisa melukai lidah, mulut atau bibir. Tidak jarang, minum air hangat membuat indera pengecap kita mengalami penurunan kemampuan. Agar air hangat tetap menyehatkan dan tidak melukai, pastikan agar membiarkan air benar-benar hangat mendekati dingin sebelum diminum.
  2. Berisiko Membuat Pembuluh Darah Pecah. Konsumsi air hangat yang berlebih lebih dari 8 gelas perhari, ini akan mengganggu sitem peredaran darah dalam tubuh. Adanya cairan yang berlebih di tubuh, bisa meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah. 
  3. Memicu Mati Rasa. Tak hanya mulut, lidah dan bibir yang terluka, lidah pun akan mati rasa saat kita minum air yang masih panas. Di awal-awal, ini akan terasa biasa saja dan indera pengecap bisa kembali normal dalam beberapa waktu ke depan. Tapi, jika kebiasaan minum air panas ini dilakukan terlalu sering, sangat mungkin bagi lidah untuk mengalami mati rasa permanen. 
  4. Merusak Lapisan Email Gigi. Minum air panas sangat mungkin meningkatkan risiko rusaknya lapisan email gigi. Jika lapisan email gigi rusak, ini bisa menjadikan gigi lebih rentan berlubang, keropos dan rapuh. 
  5. Perut Kembung. Perut bisa kembung, mual serta tidak nyaman saat kita minum air panas. Suhu air yang terlalu tinggi dan masuk ke saluran pencernaan, ini bisa meningkatkan asam lambung hingga membuat perut kembung.
Obmm, itulah beberapa bahaya dari konsumsi air panas. Semoga informasi ini bermanfaat. 
Sumber : google.com
Diberdayakan oleh Blogger.