Tanda Tanda Kanker Ovarium yg harus diketahui sejak Dini

Kayuagung - OBMM Wanita sebaiknya tidak hanya khawatir soal berat badannya saja. Kesehatan organ intim juga perlu jadi prioritas. Banyak wanita masih belum banyak peduli soal risikonya mengalami kanker yang berhubungan dengan alat reproduksi, salah satunya risiko kanker ovarium.

Shannon Westin, M.D., profesor ginekologi onkologi MD Anderson Cancer Center dalam Women's Health Mag mengungkapkan bahwa ada beberapa gejala yang sering diabaikan pasien karena menganggap hanya sakit biasa, tapi justru inilah yang membuat kanker berkembang lebih parah.

1. Gejala awal meliputi rasa sakit yang timbul di area perut, mual, merasa mudah kenyang bahkan jika tidak banyak makan. Kamu tidak bisa makan sebanyak porsi pada umumnya, celana jadi sempit karena perut jadi lebih besar dan jadi sering kembung.

2. Gejala lain adalah merasa sering kebelet pipis, konstipasi atau susah buang besar, rasa sakit saat berhubungan intim, darah menstruasi berubah, perut sering mulas.

Gejala-gejala yang tampak sederhana ini seringkali diabaikan. Tapi jika frekuensi terjadinya semakin sering dan semakin mengganggu, jangan ragu segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika kamu juga mulai mengalami rasa sakit atau nyeri di area panggul.

Belum banyak yang mengenali tanda atau gejala kanker ovarium, padahal bisa saja kamu berisiko mengalaminya juga. Nah, untuk berjaga-jaga dan menambah pengetahuanmu tentang kanker ovarium, yuk kenali tanda-tanda kanker ovarium mulai sekarang.

sumber : Female.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.