728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 29 Oktober 2017

Tanaman Padi Rawa Lebak Kabupaten OKI Terendam Air

Kayuagung - Tingginya curah hujan dibagian hulu berdampak meluapnya sungai komering, mengakibatkan padi sawah petani yang siap panen terendam. Sejak sepekan lalu hingga sekarang ini hujan tidak berhenti, sehingga para petani belum bisa memanen padi mereka, hujan berkepanjangan mengakibatkan padi sawah petani yang siap panen terendam.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI Syarifuddin, SP, M.Si menyampaikan Hampir 800 ha lebih tanaman padi rawah lebak yg ditanam bulan juli dan Agustus 2017 terendam air (banjir) akibat tingginya curah hujan dibagian hulu. Prakiraan curah hujan di Kabpaten OKI yang dikeluarkan oleh BMKG (Badan Metrologi Klimatologi & Geofisika) untuk curah hujan bulan Oktober 2017 lebat.

Syarifuddin, SP, M.Si menambahkan "Dengan debit air demikian, petani memanen dengan menggunakan terpal yang berfungsi seperti perahu," para petani selama musim hujan sekarang ini, tidak hanya sulit memanen, tetapi juga terkendala untuk mengeringkan padi yang dikhawatirkan gabah membusuk beberapa hari ke depan.

Sebagian tanaman padi yang terendam menjelang panen masih bisa terselamatkan, sementara tanaman yang rusak /fuso masih dilakukan pendataan oelh petugas di lapangan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tanaman Padi Rawa Lebak Kabupaten OKI Terendam Air Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio