728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 10 Oktober 2017

Tiga Inovasi Unggulan, Akan di Tampilkan Pada HUT OKI 2017

Kayuagung -Pemerintah Kabupaten OKI menampilkan tiga tekhnologi inovasi unggulan dalam ajang Tekhnologi Tepat Guna (TTG) ke 13 tingkat Provinsi. Lomba dan gelar tekhnologi ini digelar pada tanggal 11- 15 Oktober mendatang, di Gor Perahu Katjang, Kayuagung.

Yakni Hidrolic Water Pump, Briket Gulma Gambut (BBG) dan Biji Kelor sebagai penjernih air. Ketiga tekhonologi sebelummya memenangkan lomba TTG tingkat Kabupaten. "Selanjutnya ketiga tekhnologi tersebut akan dilombakan dan bila menanh akan mengikuti ajang nasional tahun 2018 mendatang," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Hj Nursula S.Sos, Senin malam (9/10) saat meninjau persiapan TTG tingkat provinsi.

Sambungnya, Hydrolic water pump berasal dari Kecamatan Air Sugihan. Lalu Briket Gulma Gambut dari Uniski dan Biji Kelor Sebagai Penjernih Air dari SMU Negeri 3 Unggulan Kayuagung.

Hydrolic water pump merupakan alat untuk menyirami ladang serta menyiram tanah agar tak berdebu. Lalu BBG yang berasal gulma gambut menjadi bahan bakar alternatif. "Melihat kabupaten OKI yang sebagiannta merupakan lahan gambut maka memudahkan mencari bahan bakinya," ungkapnya lagi.

 


Kemudian biji kelor penjernih air menjadi jawaban saat krisis air bersih saat ini.

Dijelaskannya bahwa Pemkab OKI berupaya mendorong tekhnolgi tepat guna dimasyarakat. Hal ini untuk meningkatkan produktifitas UMKM.

Mengenai ajang lomba TTG tingkat provinsi yang diadakan di OKI. Rencananya akan dibuka oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. Lomba TTG sendiri bertetapatan dengan OKI expo dalam rangkaian HUT OKI ke 72. "Nanalti jugavakan dipamerkan TTG dari berbagai daerah di Sumsel dan produk unggulan masing- masing daerah," ucapnya.(gti)

Teks foto hydrolic water pump salahbsatu TTG yangvakan dilombakan di ajang lomba tingkat provinsi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tiga Inovasi Unggulan, Akan di Tampilkan Pada HUT OKI 2017 Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio