BPBD, DINSOS OKI & Sampoerna Agro Tanggap Bencana Sambangi 3 Desa


Kayuagung -Cuaca ekstrem sebagaimana rilis prakiraan dari BMKG per 18 Desember 2017 yang akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia ternyata juga langsung menjadi perhatian Pemda Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.

Melalui BPBD Kabupaten OKI & Dinas Sosial Kabupaten OKI bersinergi dengan PT Sampoerna Agro, upaya responsif dilakukan secara maraton dengan menyambangi 3 (tiga) Desa yang terdampak banjir yakni Desa Sidomulyo Kecamatan Sungai Menang, Desa Embacang dan Desa Balian di Kecamatan Mesuji Raya pada hari ini (19 Desember 2017).

Kepala BPBD Kab.OKI, Listiadi Martin dihadapan sekitar 261 KK terdampak banjir di 3 Desa tersebut mengungkapkan bahwa faktor iklim dan cuaca menyebabkan curah hujan yang cukup tinggi. "Bapak Ibu yang kami cintai, saat ini di Kabupaten OKI terdeteksi 11 titik Desa yang mengalami banjir, misalnya sungai ogan yang meluap telah berimbas banjir ke Desa Tanjung Beringin-Kec. Tanjung Lubuk, atau seperti di Desa Balian dan Desa Embacang ini dari Sungai Dabuk. Termasuk tadi pagi saat mengunjungi Desa Sidomulyo kami melihat sungai Kayulabu meluap. Kami pun berencana memantau Desa Jeruju di Cengal dan ada sebagian di Pematang Panggang informasinya juga sebaran banjir ini ada. Bapak Bupati melalui kedatangan kami ini ingin memastikan tidak ada korban jiwa dan penanganan apa yang diperlukan selanjutnya.

Sebagai bentuk empati dan kepedulian juga diserahkan bantuan sembako bagi KK terdampak. "Bapak Bupati menyampaikan salam takzim dan keprihatinan yang mendalam atas musibah banjir, semoga bantuan ini dapat meringankan Bapak/Ibu sekalian,” lanjut Listiadi.



Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKI, Amirudin, menambahkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk rencana pemeriksaan dan pengobatan bagi korban banjir. "Kami bersama Dinas Kesehatan melalui Puskes setempat akan berkoordinasi lebih lanjut, termasuk Dokter dan paramedis dari PT Sampoerna Agro diharapkan siap terlibat aktif lagi nanti dalam layanan kesehatan ini"

Musibah Banjir bukan hanya berdampak terhadap perkebunan karet rakyat ataupun cetak sawah seperti di Desa Sidomulyo yang dalam hitungan kurang 1 bulan lagi dinantikan panennya. Perusahaan perkebunan kelapa sawit juga mengalaminya. Seperti yang dituturkan Eldi Nuzan, selaku KGM PT. Sampoerna Agro, "Curah hujan hingga pertengahan bulan Desember ini saja sangat tinggi mencapai 543mm, kegiatan agronomi dan operasional kami cukup terhambat, beberapa lahan dan ruas jalan produksi kami juga sempat tergenang". 
Meski begitu, pihaknya menaruh concern atas sinergi yang digalang Pemda Kab.OKI dalam merespons musibah banjir ini. "Kami melalui CSR perusahaan, inisiatif Disaster Responsiveness bersama Pemda seperti hari ini tentunya sesuai kapasitas yang ada dan perlu didukung juga semua Pihak agar terlibat aktif" pungkasnya.

Mewakili warga terdampak musibah banjir, Junaidi NW Kades Embacang dan H. Kamil Kades Sidomulyo menghaturkan terimakasih atas kunjungan Pihak Pemda dan bantuan dari Perusahaan yang sangat bermanfaat ini. Pihaknya berharap ada solusi jangka panjang dalam mengantisipasi resiko musibah banjir di masa mendatang.
Diberdayakan oleh Blogger.