728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 16 Desember 2017

"Hidup Sehat Dimulai Dari Saya" GERMAS, langkah awal membumikan masyarakat sehat.





Kayuagung -Dalam rangka menjalankan intruksi Presiden No 1 tahun 2017, Dinas Kesehatan Kabupaten OKI mengadakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), yang dilaksanakan pada Sabtu, (16/12/17) di Hotel & Restaurant Dinasti Kayuagung. 

Hadir Dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan yang diwakili oleh Fery Fahmid, Skm. M. kes, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda OKI Drs Antonius Leonardo Msi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI H. M Lubis, S.KM, M.Kes, SKPD, FKPD, dan para peserta sosialisasi GERMAS sejumlah 105 orang dari siswa-siswi sekolah dan puskesmas Kota Kayuagung. 

Sebagai kepala dinas kesehatan Kota Kayuagung, M Lubis mengatakan bahwasannya sosialisasi ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, bahkan pihaknya juga telah mensosialisasikan GERMAS ini sampai kedesa, “31 puskesmas sekabupaten OKI, RISKESDAS tingkat kecamatan, Koramil, Kapolsek, kepala-kepala UPTD tingkat kecamatan, semuanya sudah kita ajak untuk melaksanakan komitmen, untuk melaksanakan hidup sehat yaitu sehat dimulai dari saya”. Ungkapnya. 

M. Lubis juga melanjutkan bahwasanya harap nya kedepan terhadap duta-duta yang sudah tersosialisasi ini untuk mengajak lingkunganya supaya hidup sehat, “ Setelah menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari hari kita, kita juga harus mengajak keluarga, teman-teman, dan bahkan lingkungan sekitar supaya menerapkan pola hidup sehat juga”. Lanjutnya. 

Sama setujunya dengan kepala dinas Kesehatan Kab OKI, Bupati OKI H. Iskandar, SE juga menyetujui bahwasannya GERMAS merupakan langkah awal yang membumikan masyarakat sehat, oleh karna itu pemerintah meminta seluruh komponen yang melaksanakan kegiatan untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Apalai di Kabupaten OKI sendiri sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi GERMAS pada tahun 2016 

“ Tidak hanya sekarang, bahkan tahun lalu pemerintah telah mensosialisasikan GERMAS ini yang berlangsung sampai sekarang. Yang bertujuan agar informasi mengenai GERMAS ini secara menyeluruh sampai ke masyarakat yang tidak hanya sebatas informasi saja”. Ungkap Drs Antonius Leonardo Msi yang mewakil Bupati OKI dalam acara tesebut. 

Salah satu inflenmentasi gerakan hidup sehat (GERMAS) adalah sekolah, karena sekolah mudah untuk dijangkau “ kita datang kesekolah-sekolah lalu kita lakukan sosialisasi bagi siswa-siswi lakukan imunisasi dan pemeriksaan kesehatan”. Ungkap Direktur Kesehatan Keluarga kemenkes dr. Eni Gustina, MPH. 

Selain itu juga , Dr. Eni Gustina, MPH berpesan untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat ada 7 hal yang harus dilakukan yaitu melakukan peningkatan edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, penyediakan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan prilaku hidup sehat, dan juga peningkatan aktivitas fisik. 



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: "Hidup Sehat Dimulai Dari Saya" GERMAS, langkah awal membumikan masyarakat sehat. Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio