728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 18 Desember 2017

Pemuda Harus Mempunyai Kreativitas & Inovasi Untuk Pembangunan Desa


Kayuagung -Peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional & Bulan Bakti Karang Taruna dengan Tema "Peningkatan Kapasitas Karang Taruna dalam Pemberdayaan Masyarakat". Bertempat Di Gedung Kesenian Kayuagung Kabupaten OKI, Senin (18/12/17).


Kesetiakawanan sosial dan karang taruna adalah unit terkecil dalam masyarakat yang merupakan wahana pertama dan utama dalam menyamaikan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan selanjutnya akan dapat membentuk karakter bangsa. 



Hadir Bupati OKI yang diwakili Wakil Bupati OKI H. M. Rifa'i SE, Ketua Karang Taruna OKI Maulidini SSTP, Kepala Dinas Sosial OKI H. Amirudin S.Sos, FKPD, SKPD, Camat se-Kabupaten OKI, Kepala Desa, Karang Taruna se-Kabupaten OKI. 


Dalam Sambutannya Wakil Bupati OKI H. M. Rifa'i mengatakan " HKSN tahun ini mengambil tema “Kesetiakawanan Sosial Nasional Perekat Keberagaman”. Tema ini untuk mengingatkan kita semua mengenai pentingnya kebersamaan dalam keberagaman, Salah satu bentuk kearifan lokal yang patut kita jaga dan kita pelihara adalah nilai-nilai kesetiakawanan sosial, saya yakin diluar sana masih banyak penggiat dan pahlawan pahlawan sosial. Bemekal semangat kesetiakawanan sosial ini kita melaksanakan agenda pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir yang aman dan damai, sehingga tercipta Kabupaten OKI yang Maju, Mandiri dan Sejahtera (Mandira). 



Lebih Lanjut M. Rifa'i mengatakan " Pada kesempatan ini kita juga memperingati Bulan Bhakti Karang Taruna. Pemuda karang taruna harus jadi motor penggerak perubahan. Untuk mewujudkan tujuan Karang Taruna, Saudara-saudara harus mampu mengidentifikasi masalah kesejahteraan sosial yang ada dan berkembang di tengah-tengah, menemukan sekaligus memecahkan masalah yang ada, seperti maraknya kenakalan remaja, peredaran narkoba dan tawuran antar pelajar. Sehingga masyarakat dapat merasakan secara langsung manfaat keberadaan Karang Taruna, kuncinya adalah bagaimana kita menyatukan energi kita. 


Rifa'i menambahkan " Melalui semangat kebersamaan, kesetiakawanan dan persatuan yang tulus diantara kita untuk membangun OKI dari Desa, akan terasa sulit jika dilakukan sendiri namun terasa ringan jika dilakukan bersama-sama. Keberhasilan pembangunan kita bukan hanya ditentukan oleh kerja pemerintah saja, tetapi juga sangat bergantung pada seberapa besar kontribusi yang diberikan masyarakat, salah satunya elemen pemuda ". 


M. Rifa'i SE juga mengajak " Mari bersama bahu membahu dalam rangka ikut mendorong dan mewujudkan karang taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan yang modern, kuat dan profesional serta responsif terhadap setiap permasalahan sosial khususnya yang terjadi di kalangan generasi muda ". 


Kepala Dinas Sosial OKI H. Amirudin S.Sos dalam laporannya menyampaikan " Pelaksanaan kegiatan peringatan HKSN dan Bulan Bhakti Karang Taruna menyampaikan, bahwa sebelumnya Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) telah melaksanakan bakti sosial bersama Karang Taruna membersihkan pinggiran sungai komering yang di tempatkan di kelurahan kedaton ". 



H. Amirudin menambahkan " Tentunya dengan momentum peringatan HKSN dan BBKT 2017, kita berharap kepada para pemuda mempunyai kreativitas dan inovasi yang mampu menjadi penggerak pembangunan desa, selaras dengan OKI membangun desa, tentu kedepan kami mengajak generasi muda yang ada di OKI untuk memanfaatkan sumberdaya alam yang ada ". 


Peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional dan Bulan Bakti Karang Taruna 2017 juga menggelar sunatan massal dan donor darah, dan pemberian penghargaan. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemuda Harus Mempunyai Kreativitas & Inovasi Untuk Pembangunan Desa Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio