728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 07 Februari 2018

Trik Ampuh Agar Sayur Bayam Tidak Hitam

Kayuagung - Senang makan bayam adalah kebiasaan baik dan harus terus dilakukan, bayam memang bisa diolah ditumis ataupun di sayur bening. Nah saat menyayur bening kamu mungkin mendapati kuahnya yang berwarna htam. Untuk menghindari hal tersebut anda bisa melakukan seperti dikutip Vemale.com berikut:

Pilih Bayam Cabut
Secara umum sayuran bayam ada dua jenis, yaitu bayam cabut dan bayam petik. Untuk olahan sayur bening atau berkuah, disarankan untuk memilih bayam cabut. Ciri yang paling mencolok dari bayam cabut adalah daunnya yang berbentuk bulat dan cenderung cekung, serta warnanya hijau muda. Batangnya yang lebih renyah dan kecil pun sangat pas diolah menjadi sayur berkuah.

Pastikan Kondisi Bayam Masih Segar
Hindari bayam yang sudah layu, kering, dan busuk. Bayam yang baru dibeli sebaiknya langsung diolah, jangan disimpan terlalu lama dalam kulkas. Kalau bayam terlalu lama disimpan dalam lemari pendingin, kadar nitritnya bisa meningkat dan kurang baik untuk dikonsumsi.

Masukkan Bayam Setelah Air Mendidih
Kalau mau merebus bayam, tunggu airnya mendidih terlebih dahulu. Jadi tidak dimasukkan saat air masih dingin, ya. Setelah air mendidih baru masukkan bayam.

Rebus dengan Panci Stainless Steel
Nah, ini dia kunci agar kuah sayur bayam tidak hitam nantinya. Saat merebus gunakan panci stainless steel. Jadi bukan dengan panci yang terbuat dari besi atau aluminium. Kalau merebus atau memasaknya dengan panci besi atau aluminium, nantinya senyawa zat besi akan bereaksi dan membuat warna bayam berubah lebih cepat jadi kehitaman.

Jangan Dipanaskan Ulang
Sayur baik sebaiknya segera dikonsumsi begitu selesai dimasak. Kalau sudah lebih dari 5 jam ada baiknya tidak dipanaskan atau dikonsumsi lagi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Trik Ampuh Agar Sayur Bayam Tidak Hitam Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio