Kabupaten OKI, Jaringan Kota Hijau Dunia

KAYUAGUNG RADIO - Setelah mengharumkan nama Indonesia dengan menerima ENO Golden Award dan Eno Silver Award, Prestasi tingkat dunia kembali ditorehkan Kabupaten OKI. Mulai hari ini Kabupaten OKI ditetapkan sebagai salah satu Jaringan Kota Hijau ENO dunia (ENO Green Cities). Sebagaimana dikatakan ketua ENO Kabupaten OKI, H. Muslim, SE, M. Si. “Pada hari ini kami sampaikan bahwa kemarin kami menerima pemberitahuan secara online melalui Press release oleh MIKA VANHANEN ketua ENO Dunia bahwa mulai hari ini tanggal 22 Mei 2012 Kabupaten Ogan Komering Ilir resmi ditetapkan menjadi Jaringan Kota Hijau ENO dari sepuluh Kota lainnya yang ada diberbagai belahan benua dunia”.

Jaringan kota Hijau ENO merupakan salah satu apresiasi Dunia melalui ENO terhadap penghijauan yang dilakukan dipelbagai kota dibelahan dunia, adapun 10 jaringan Kota Hijau tersebut yaitu : Cape town, Afrika Selatan, Espoo, Finlandia, Iligan city, Philipina, Iringa, Tanzania, Ljubljana, Slovenia, Rojas, Argentina, Sao Paulo, Brazil, Taichung, Taiwan, Timisoara, Romania, Ogan Komering Ilir, Indonesia. H. Ishak Mekki Bupati Ogan Komering mengatakan usaha penghijauan yang dilakukan di Kabupaten OKI telah dilaksanakan jauh sebelum diterimanya penghargaan dari ENO. “Berkat upaya dari berbagai pihak beberapa waktu yang lalu upaya penghijauan yang kita lakukan di Kabupaten OKI ini diapresiasi dunia melalui ENO. Upaya penanaman pohon ini telah kita laksanakan jauh sebelum diterimanya penghargaan ini” Ujar Ishak. Ditambahkan Ishak dengan diterimanya penghargaan ini serta ditetapkannya Kabupaten OKI sebagai salah satu jaringan kota hijau dunia, Upaya penghijauan di Kabupaten OKI harus terus ditingkatkan. Ishak juga berpesan agar terus menjaga kelestarian lingkungan sekitar “Kepada Anak-Anak ku teruslah menjaga kelestarian lingkungan di sekolah dan dilingkungan sekitar”
Acara Penanaman pohon ini dilaksanakan dalam rangka Hari Menanam Pohon ENO “ENO Tree Planting Day” yang ditetapkan pada tanggal 22 Mei dan 21 September setiap tahunnya. Sebagai anggota Jaringan Kota Hijau Dunia, Kabupaten OKI juga melaksanakan kegiatan penanaman yang dipusatkan di Hutan Kota Kayuagung, Selasa (22/5/2012) Kegiatan ini diikuti oleh Sekda Kabupaten OKI, Ir. H. Ruslan Bahri, MT, Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas/Badan/Kantor dijajaran Pemerintah Kabupaten OKI, Kepala Sekolah, Guru serta 200 orang siswa-siswi SD, SMP, SMA, SMK dalam Kecamatan Kota Kayuagung.

Mika van hanen Ketua ENO dunia, ketika di hubungi via telpon mengucapkan terimakasih atas partisiasi Kabupaten OKI pada kegiatan Hari Menanam Pohon ENO “ENO Tree Planting Day”. “Terimakasih karena Kabupaten OKI telah berpatisipasi pada kegiatan penanaman hari ini. Saya sangat terkesan karena Ishak Mekki langsung memimpin penanaman pohon ini. Selain itu juga hadir anak-anak SD yang mengikuti kegiataan ini . Saya yakin upaya Penghijaun di OKI telah ditanamkan sejak dini, “its very magnificent” tambahnya.

Diinformasikan, Jaringan Kota Hijau ENO adalah jaringan kota-kota di dunia yang mendukung dan menyukseskan Kampanye ENO, yaitu mewujudkan 100 Juta Pohon di seluruh dunia pada Tahun 2017. Jaringan Kota Hijau ENO ini berbeda dari jaringan penghijauan lainnya karena melibatkan sekolah-sekolah dalam Kabupaten/kota anggota Jaringan Kota Hijau ENO dalam kegiatannya. Ribuan sekolah dalam jaringan Kota Hijau ENO di seluruh dunia dilibatkan sebagai contoh pada Hari Menanam Pohon ENO hari ini.

Diinformasikan juga, ENO (Environment Networt) merupakan organisasi berwawasan lingkungan global yang peduli terhadap pelestarian lingkungan berkelanjutan yang berkedudukan di kota Joensuu, Finlandia. Lembaga ini berdiri sejak tahun 2000. Dalam kegiatan pelestarian lingkungan, ENO melibatkan 7000 sekolah di 141 negara. Penanaman Pohon merupakan Program utama Eno. Salah satu Kampanye ENO yaitu menanam 100 juta pohon pada 2017.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.