Pertama di Dunia, Akan Dibangun Gedung Olahraga Bergaya Perahu Kajang

KAYUAGUNG RADIO - Sebuah gedung olahraga dengan bentuk menyerupai perahu Kajang akan dibangun di Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Ini merupakan gedung olahraga pertama di Indonesia dan dunia yang menyerupai sebuah perahu.

“Gedung olahraga ini atapnya akan menggunakan bahan yang antiapi yang diimport dari Prancis. Pembangunannya akan dimulai tahun 2013 mendatang,” kata Bupati OKI Ishak Mekki di Kayuagung, Selasa
(22/05/2012).

Mengapa memilih perahu Kajang? Dijelaskan Ishak, perahu Kajang merupakan perahu tradisional yang selama ratusan tahun diproduksi dan digunakan oleh masyarakat di Kabupaten OKI, yang sekitar 70 persen
wilayahnya merupakan perairan. “Perahu Kajang sudah menjadi icon masyarakat OKI,” ujarnya.

Selain itu, perahu Kajang dapat dikatakan sebagai simbol Kerajaan Sriwijaya. Sebab berdasarkan sejumlah penelitian terhadap penemuan bangkai perahu atau kapal, ternyata perahu Kajang merupakan alat transportasi utama masyarakat di Sumatera Selatan pada masa sebelum maupun pada saat Kerajaan Sriwijaya berdiri.

Perahu Kajang memang sudah digunakan Kabupaten OKI sebagai icon daerahnya. Sebab sebelumnya sebuah monumen perahu Kajang dibangun di kota Kayuagung. Bahkan sejumlah cindemata miniatur perahu Kajang telah diproduksi daerah tersebut.


 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.