Tekan Pembajakan, Slank Rilis Album Video dalam HP

KAYUAGUNG RADIO - Sudah menjadi rahasia umum, pembajakan album fisik masih menjadi penyakit yang sulit diberantas. Karena itu, grup rock Slank, yang beranggota Kaka (vokal), Bimbim (drum), Abdee Negara (gitar), Ridho Hafiedz (gitar), dan Ivanka (bas) merilis tujuh klip video album I Slank U dalam bentuk album video di handphone (HP) atau telepon genggam.
"Memang pengin bikin video album. Gue boleh jamin ini yang pertama di dunia dibuat musisi. Biasanya video clip atau video live, tapi ini ide baru yang dikeluarin Slank. Memang pengin ada sesuatu yang beda dan juga semakin menjauh dari bajakan," jelas Bimbim.
Bimbim bersama para personel lain Slank mengaku optimistis bahwa inovasi yang mereka lakukan akan memberi hasil positif seperti yang pernah mereka alami dengan album Jurus Tandur (2011). "Pengalaman kemarin di Jurus Tandur, enggak ada bajakan yang keluar. Sampai kami merilis CD, baru deh keluar yang bajakan. Penjahat-penjahat jadinya ketinggalan banget teknologinya," ujar Bimbim.
Menurut Bimbim, langkah yang dijajal oleh Slank itu tepat untuk menekan pembajakan lagu-lagu Slank. "Dunia bergerak terus, di seluruh dunia memang CD sudah hancur. Dunia download di internet juga, cyber law-nya belum ketat. Jadi, sekarang di seluruh dunia juga lebih banyak HP daripada manusia. Ini tempat baru buat kami (pasarkan lagu)," jelas Bimbim.
Sementara itu, untuk ketujuh klip video tersebut, Slank menggarapnya dengan merekamnya secara live. "Memang di 2012 ada yang belum kami lakuin, kami pengin rekaman audio video. Akhirnya, kami rekaman live. Hasilnya, pas diedit, wow keren," terang Kaka. "Video album itu direkam live, hasilnya sekali one take. Jadi, kalau salah, diulang lagi dari awal. Kalau tadi ada adegan Kaka nyebur, ya berarti Kaka harus nyebur tiga kali, kalau hasilnya tiga kali kurang memuaskan," cerita Abdee.
Selama tujuh hari Slank menggarap tujuh klip video yang dimasukkan ke dalam album video I Slank U. "Ini melibatkan sekitar 30 orang. Sehari kami rekaman satu lagu. Tempatnya beda-beda. Kami bikinnya di Potlot, tapi tempatnya beda-beda, ada yang di kolam renang, di lapangan parkir, ada di studio. Terima kasih buat Bunda (Iffet Sidharta, manajer Slank dan ibu Bimbim), yang rumahnya mau diacak-acak," ujar Abdee.

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.