Masyarakat Kayuagung OKI Nonton Midang Morgesiwe


KAYUAGUNG RADIO - Masyarakat Kayuagung Tumah Ruah di Jalan sepanjang Sungai Komering  menyaksikan acara Midang Morge Siwe yang mengenakan beragam jenis pakaian adat budaya disertai arak-arakan, Selasa (21/8) siang.

Selain warga Kayuagung dan Sekitarnya, banyak juga warga dari luar kota yang sengaja datang ingin menyaksikan tradisi Midang Morge Siwe. Ribuan warga berjejer di pinggir jalan dan memenuhi pendopoan, rumah dinas Bupati OKI. 

Midang itu merupakan sebuah adat istiadat di Kayuangung dimana Mouli Muanai / Remaja Kayuagung melakukan arak-arakan menggunakan pakaian pengantin ritual pasca Lebaran berkeliling berjalan kaki sekitar 5-6 km, barisan pengantin remaja itu juga menyeberangi Sungai Komering menggunakan perahu ketek. Ini memberikan gambaran betapa mulianya ritual perkawinan yang merupakan pertanda berakhirnya masa bujang (muanai) dan gadis (mouli).

Dalam ritual itu digambarkan bagaimana perkawinan itu dimulai dari perkenalan antara bujang dan gadis, lalu ada acara melamar atau bahkan kawin lari dan diakhiri dengan perkawinan yang diwarnai arak-arakan sepasang pengantin keliling kota untuk memberi tahu warga bahwa sepasang remaja itu kini sudah berubah status.

Semangat perserta Midang dan antusias masyarakat yang tumpah-ruah memenuhi jalan-jalan untuk mengikuti dan menonton acara tahunan ini memberi gambaran bagaimana menariknya Midang Morge Siwe  Kayuagung


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.