Tips Sehat Saat Musim Hujan

KAYUAGUNG RADIO - Setelah kita dilanda terik berkepanjangan, kehadiran musim hujan memang menyegarkan. Tetapi hati-hati, ada banyak penyakit yang mengintai di musim ini. Misalnya, keracunan makanan, kolera, flu, batuk, masalah pencernaan, dan disentri.

Orang yang menderita diabetes, penyakit jantung, rematik dan radang paru-paru juga lebih rentan terkena infeksi. Maka dari itu, amatlah penting untuk menjaga kesehatan selama musim hujan. Berikut ini 10 tips sehat saat musim hujan:

Jaga cairan tubuh :

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa kok harus minum lebih banyak air saat musim hujan. Jawabannya, saat musim hujan, keringat tidak menguap dengan cepat karena tingkat kelembapan tinggi dan hal ini mencegah tubuh mengeluarkan panas. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda selalu membawa satu botol air.

Hindari minuman berkarbonasi karena minuman tersebut mengurangi tingkat mineral yang menghentikan enzim berfungsi dengan efisien dan akhirnya menyebabkan gangguan pencernaan. Sebagai gantinya, minum minuman hangat seperti teh jahe. Selalu minum air yang sudah dimasak dan didinginkan. 

Konsumsi makanan secara seimbang  :

Karena proses pencernaan saat musim dingin menjadi lambat, makanlah seperlunya dan ketika lapar. Makan ketika Anda tidak merasa lapar dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan terkadang penyakit kuning.

Sayuran seperti labu, rempah-rempah pahit seperti kunyit yang kaya akan antioksidan dan khasiat lainnya yang bisa membantu mencegah infeksi. Juga makanlah buah-buahan seperti ceri, pisang, apel, delima, plum, kelengkeng, pir, dan sayuran seperti wortel, lobak dan kelabat sebagai bagian dari makanan reguler Anda.

Rempah rempah seperti lada, asafotida, kunyit, dan ketumbar bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan secara bersamaan membantu proses pencernaan. 

Konsumsi makanan yang segar dan bersih :

Pastikan Anda mencuci semua buah-buahan dan sayuran sebelum memakannya, terutama sayuran berdaun. Kukus sayuran berdaun dan kembang kol untuk membunuh semua kuman. Makanan yang terkontaminasi akan menimbulkan penyakit seperti penyakit kuning.

Mengonsumsi makanan yang baru dimasak sangat direkomendasikan. Sop dan semur juga baik untuk dimakan karena mudah dicerna tubuh dan bergizi, tapi berisi. Makanlah makanan yang dimasak sebagai ganti sayuran yang tidak dimasak dan salad, kalau itu makanan organik. 

 

Berolahraga dan istirahat saat musim hujan  :

Gerimis saat pagi dan malam mungkin mengganggu latihan rutin. Namun itu bisa diganti dengan latihan di rumah. Anda bisa melakukan beberapa olahraga sederhana seperti sit-up, membungkukkan badan untuk meregangkan otot. Yoga adalah olahraga lain yang bisa dilakukan di dalam ruangan dan bisa membantu mengurangi masalah pernapasan saat musim hujan.

Dan jika Anda sedang tidak berminat melakukan olahraga, cobalah dengan aktifitas lainnya seperti membersihkan lemari atau membersihkan dapur. Namun, hindari kegiatan fisik yang berlebihan. Juga, jangan tidur saat siang hari. 

Rawat mata saat musim hujan: 

Beberapa masalah mata yang sering terjadi saat musim hujan adalah konjungtivitas, mata bintitan, mata kering, dan ulkus kornea. Berikut beberapa pencegahan yang bisa dilakukan agar Anda terhindar dari infeksi tersebut. Cuci tangan Anda setelah menyentuh mata atau wajah. Jangan berbagi obat mata, lensa kontak, handuk, dan sapu tangan dengan orang lain. Hindari make-up mata ketika Anda sedang mengalami infeksi. Gunakan lotion antibakteri. Jangan gunakan lensa kontak ketika Anda mengalami infeksi. 

Diberdayakan oleh Blogger.