Jangan Bikin Lemot Ponsel Anda. Ikuti Cara Ini

KAYUAGUNG RADIO -  Bagi pengguna ponsel pintar, mempunyai banyak aplikasi memang terasa seru digunakan. Apalagi jika aplikasi itu dipakai untuk mengisi waktu kosong. Tapi jangan lantas menginstal semua aplikasi yang diingin kedalam ponsel. Pasalnya ini akan membuat kinerja ponsel menjadi lemot. Namun apakah penyebab lemotnya ponsel hanya karena kepenuhan aplikasi? Simak tips yang satu ini untuk mengetahuinya dan cara untuk meringankan performa smartphone Anda.

1.Simpan Data
Sering kali pengguna aktif ponsel pintar kehabisan memori untuk menyimpan foto, musik dan lainnya. Sebaiknya simpan sebagian file yang menurut Anda penting difasiitas cloud atau cukup meng-copy semua file kedalam hard drive external. Dengan begitu data juga akan terselamatkan jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tak mengenakkan. Coba aplikasi SugarSync, layanan sinkronisasi file yang akan menyelaraskan foto baru Anda dan file lainya kedalam cloud secara otomatis.

2.Pilih Aplikasi
Jika beberapa bulan terakhir Anda sudah tidak lagi menggunakan aplikasi tertentu, sebaiknya dihapus saja. Karena aplikasi yang menumpuk ini hanya akan mengurangi kinerja ponsel. Selain itu ikon aplikasi akan mengambil tempat di user interface ponsel Anda, sehingga menyulitkan Anda mencari aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan. Lihat daftar aplikasi Anda dan pilih mana yang sering anda gunakan sehari-hari. Dan hapus aplikasi yang sudah tidak terpakai.

3.Gunakan Browser yang Tepat
Opera Mini mengecilkan data hingga 10 persen dari ukuran aslinya sebelum dikirimkan ke ponsel Anda. Hal ini mempercepat tampilan web di ponsel, sehingga Anda dapat menghemat waktu karena anda dapat membuka situs dengan cepat. Selain itu, tentu saja menghemat biaya dan baterai.

4.Hapus File Cache
Ketika digunakan aplikasi dan browser memberikan file sementara yang memakan tempat dan memori. Anda dapat mengunduh aplikasi yang dapat membantu mengatasi hal itu. Seperti Easy Cache Cleaner, yang akan memeriksa ponsel dan membersihkan file cache.

5.Bersihkan Inbox SMS
Menyimpan pesan-pesan penting dan berkesan memang tak ada salahnya. Tapi jangan simpan semua pesan yang ternyata tidak penting. Pesan yang menumpuk ini akan memakan memori dan bakal menghambat penerimaan pesan baru.

6.Simpan Kontak yang Perlu
Coba periksa lagi kontak di handphone Anda. Seberapa banyak Anda mengenal nama-nama tersebut. Atau apakah kontak yang Anda simpan masih bisa dihubungi sampai sekarang. Jika Anda ternyata terlalu banyak menyimpan nama-nama yang tidak Anda kenal atau nomor yang digunakan sudah tidak cocok, ada baiknya Anda menghapus nomor tersebut. Ini juga akan mengatur buku telepon Anda agar lebih rapih. Jangan lupa untuk mencatat nomor yang menurut Anda penting di data duplikat Anda.

7.Hemat Energi
Jika baterai ponsel Anda boros, coba ikuti langkah-langkah ini. Tutup aplikasi yang tidak sedang Anda gunakan. Matikan data ponsel 3G, Wi-Fi dan Bluetooth jika tidak sedang digunakan. Turunkan tingkat terang posel dan matikan suara keyboard. Anda juga bisa melakukan ini saat Anda tidur di malam hari. Jadi di pagi hari ponsel Anda masih menyimpan banyak energi
Cara-cara ini cukup efektif untuk dipraktekan. Tidak percaya? Silahkan Anda coba.





Sumber: Jeruknipis.com
Diberdayakan oleh Blogger.