Alasan Mengapa Harus Makan Perlahan

KAYUAGUNG RADIO - Orang tua sering memberitahu untuk makan secara perlahan. Jangan terlalu terburu-terburu dan mengunyah dengan cepat saat makan. Ternyata ada alasan dibalik nasihat terserbut. Banyak alasan kesehatan yang membuat harus makan secara perlahan. Cara ini mempunyai banyak manfaat kesehatan. Dilansir dari magforwomen.com, inilah alasan mengapa dianjurkan un
tuk makan secara perlahan :

Menjaga berat badan
Otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengirim sinyal bahwa perut sudah kenyang. Jika makan secara perlahan maka secara otomatis selama rentang waktu tersebut asupan kalori untuk membuat perut kenyang berkurang. Bila makan dengan cepat secara otomatis mulut akan terus mendapat asupan makanan untuk merasa kenyang. Itulah sebabnya salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan makan secara perlahan.

Memperbaiki pencernaan
Makan dengan perlahan membuat mulut akan lebih sering mengunyah makanan. Mengunyah makanan lebih lama sangat baik bagi pencernaan. Karena proses pencernaan berawal dari mulut, dengan mengunyah makanan lebih lama perut tidak harus bekerja lebih keras untuk mencerna makanan.

Menikmati rasa makanan
Dengan makan secara perlahan, rasa makanan juga akan lebih terasa. Dengan makan secara perlahan indera pengecap bisa berfungi lebih baik. Lidah lebih bisa merasakan rasa makanan saat makanan dikunyah secara perlahan.

Melatih pikiran
Makan secara perlahan dapat melatih pikiran agar lebih fokus. Karena cara ini melatih untuk fokus terhadap makanan. Selain itu makan secara perlahan juga dapat mempengaruhi gaya hidup. Makan secara perlahan melatih tidak terburu-buru dalam berbagai hal, cara ini juga dipercaya dapat meredam stress.
(c) reamersradio.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.