Iskandar : Wanti-Wanti Investor Utamakan Masyarakat

KAYUAGUNG RADIO - Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar, SE mewanti-wanti kepada perusahaan yang berada di Ogan Komering Ilir untuk peduli dengan masyarakat. Hal ini diingatkan Iskandar ketika mendengar paparan rencana pembangunan PT OKI Pulp and Paper di Ruang Rapat Bende Seguguk I Setda OKI, Rabu (29/1).
“Kami menyambut baik rencana pembangunan pt Oki Pulp dan Paper di wilayah Kecamatan Air Sugihan. Namun kami ingatkan bahwa kehadiran HTI dan Industri  di Air Sugihan ini harus bermanfaat bagi masyarakat. Jangan nanti malah merugikan masyarakat” tegas Iskandar.
Iskandar juga meminta perusahaan HTI yang beroperasi di Kawasan Pantai Timur OKI memberikan kontribusi bagi masyarakat dan daerah. Membantu pemerintah dalam sharing dana penyediaan infrastruktur jalan, jembatan serta sarana umum lainnya. Investor juga memperhatikan dampak sosial yang biasa terjadi di masa mendatang.
Diketahui tiga perusahaan besar memiliki hak pengusaan hutan di kawasan pantai timur OKI, yakni PT SBA Wood Industri  seluas 625.490 Ha,  PT Bumi Mekar Hijau seluas 250.370 Ha dan PT Bumi Andalas Permai seluas 199.108 Ha.
PT OKI Pulp sendiri rencananya akan beroperasi di Desa Bukit Batu Kecamatan Air Sugihan dengan kapasitas produksi sebesar 2000.000 ton per hari. Dalam paparannya, Dirut PT OKI Pulp Gadang H. Hermawan mengatakan Industri kertas terbesar di Asia Tenggara ini komitmen menggunakan hanya menggunakan bahan baku  dari HTI  OKI dan Banyuasin. Gadang juga mengatakan jika telah beroperasi OKI Pulp mampu menyumbang sekitar 983,9 triliun kontribusi pajak bagi Kabupaten OKI. Selain itu Industri ini dikatakannya mampu menyerap lebih dari 3.400 Tenaga kerja lokal serta meningkatkan tarap hidup masyarakat Air Sugihan.
Lebih jauh dikatan Gadang, untuk mensuport ekspor akan dibangun Tanjung Tapa Ocean Port atau pelabuhan samudra di Pantai Timur.


Diberdayakan oleh Blogger.