TNI Bersama Masyarakat Rehab Jembatan Gantung

KAYUAGUNG RADIO - Jajaran Kodim 0402/OKI bersama masyarakat Desa Cahaya Makmur dan Desa Cahya Bumi Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) merehab jalan penghubung jembatan gantung yang menghubungkan kota kecamatan. Rehab jembatan tersebut dalam rangka kegiatan Karya Bhakti TNI.

Dandim 0402/OKI Letkol Inf M Arif Suryandaru didampingi Pasi Intel Lettu HM Hatta mengatakan, kegiatan Karya Bhakti ini merupakan wujud kepedulian TNI AD bidang territorial serta implementasi dari 8 wajib TNI khusunya butir ke 8 yang berbunyi mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya dan wujud kemanunggalan TNI – Rakyat karena dalam pengerjaan dibantu oleh masyarakat.

“Jembatan ini fungsinya sangat vital bagi masyarakat sebagai akses transportasi, kondisinya yang rusak berat menyebabkan transportasi menjadi terganggu,” kata Letkol Inf Arif, Kamis (5/6).

Disebutkan Letkol Arif, rehab total jembatan gantung ini sudah dimulai sejak tanggal 30 Mei 2014 lalu, dan setelah dikerjakan selama 6 hari oleh anggota TNI bersama dengan masyarakat sekitar akhirnya jembatan gantung ini dapat dirampungkan.

“Pengerjaan rehab total jembatan ini dimulai dari tanggal 30 Mei 2014 dan Alhamdulillah pada hari ini, Kamis 5 Juni 2014 telah rampung 100 persen dengan panjang jembatan 45 meter dan lebar 2 meter,” sambung Lettu Hatta.

Selain sasaran fisik karya bhakti menurut Hatta, ada juga sasaran non fisik yang meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, pengobatan gratis dan sunatan masal yang akan dilaksanakan di Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten OKI dalam waktu dekat ini. “Itu merupakan rangkaian dari kegiatan karya bhakti yang dilaksanakan, semoga semua ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Hatta.

Sementara itu, Kades Cahya Makmur Iman SE mewakili masyarakat Desa Cahaya Makmur dan Desa Cahaya Maju mengucapkan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI AD khususnya Kodim 0402/OKI yang telah membantu masyarakat dalam perbaikan jembatan gantung.

menurutnya, selama ini masyarakat di dua desa kalau melintas takut-takut karena sudah rusak tapi sekarang sudah tidak takut dan was-was lagi. Diceritakan Kades, jembatan gantung tadi dibangun sejak tahun 1988 lalu, jembatan ini hanya diperbaiki sekedarnya saja dengan swadaya masyarakat, baru dari Kodim 0402/OKI inilah yang merehab secara total.

“Kami ucapkan terima kasih Pak, karena selama ini perbaikan hanya dilakukan sekedarnya saja dan swadaya masyarakat namun dengan hadirnya TNI maka perbaikan dilakukan secara menyeluruh,” ucap Kades Iman panjang lebar.

Senada diungkapkan Sopian tokoh masyarakat Cahya Makmur, bahwa akses jembatan ini merupakan akses utama yang digunakan oleh masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian dan jalur transportasi anak-anak menuju sekolah.

“Jembatan ini merupakan jalur utama mengangkut hasil bumi masyarakat terutamanya padi dan jalur anak-anak menuju ke sekolah, selama ini rusak berat dengan adanya perbaikan ini tentu saja kami sangat terbantu,” singkatnya
Diberdayakan oleh Blogger.