728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 19 Desember 2014

Dinas Pertanian Kabupaten OKI Bangun Otlet Pasar Tani

KAYUAGUNG RADIO - Untuk memperkuat posisi tawar petani sekaligus menciptakan struktur pasar yang efisien, maka pengembangan pasar tani merupakan salah satu alternative. Yang mana Dalam pasar tani, petani produsen memasarkan langsung produksinya kepada konsumen sehingga mengurangi rantai pasar sekaligus menciptakan struktur margin yang lebih seimbang. 

Maka dari itu Pemerintah Kabuapten Ogan Komering Ilir melalui Dinas Pertanian membangun otlet pasar tani lubuk seberuk kecamatan Lempuing Jaya dengan sumber dana APBN dengan luas bangunan pasar tani 3MX10m. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI Syarifudin, Sp, M.Si yang didampingi Kabid PPHP Muhd Iqbal Rasyid, Sp, MM mengatakan wilayah OKI yang mayoritasnya pendudunya petani baik itu bidang peternakan, Perikanan, bidang Pertanian (olahan), Biofarmaka, Anggerek, Taman hias, pupuk dan sebagainya. 

Lebih lanjut Syarifudin mengatakan, tujuan yang diharapkan dari kegiatan pengembangan pasar tani adalah membangun pasar tani sebagai outlet pemasaran produk petani melalui kelompok tani langsung kepada konsumen.meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petani dalam bidang pemasaran, membangun dan menguatkan kelembagaan petani sehingga mempunyai posisi tawar (bargaining position) yang kuat dalam pemasaran produk sekaligus sebagai pemasok, membangun jaringan pemasaran petani untuk mengembangkan pasar, menyediakan sarana pemasaran sebagai ajang promosi, penumbuhan rasa cinta terhadap produksi lokal. 

Kabupaten Ogan Komering Ilir yang terdiri dari 18 kecamatan dan dari jumalah penduduk yang mayoritasnya petani. Maka kedepanya pemerintah akan terus mengembangkan otlet pasar tani di setiap kecamatan atau desa yang ada diwilayah OKI.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dinas Pertanian Kabupaten OKI Bangun Otlet Pasar Tani Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio