728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 09 Februari 2015

Dinkes OKI Minta Puskesmas Waspadai Penyakit DBD

KAYUAGUNG RADIO - Selain melakukan fogging di rumah - rumah masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), juga meminta kepada pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di kecamatan-kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten OKI, untuk mewaspadai penyebaran penyakit demam berdarah dengue saat musim hujan yang berpotensi berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti. 

Kepala DInas Kesehatan OKI H M lubis SKM Mkes mengatakan diharakna kepada seluruh puskesmas yang ada diwilayah Kabupaten OKI agar dapat melakukan pencegahan penyakit demam berdarah dengue (DBD), yang sekarang ini lagi merebah. 

Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir yang terdiri dari 18 kecamatan yang terdapat 29 Puskesmas agar dapat meningkatkan kewaspadaan penularan penyakit DBD sehubungan curah hujan cenderung meningkat selama beberapa minggu terakhir."Biasanya, curah hujan tinggi bisa menimbulkan penyebaran penyakit DBD melalui gigitan nyamuk aedes aegypti yang berkembang pada genangan air. 

Lebih lanjut Lubis mengatakan, Dinkes OKI akan mengajak masyarakat untuk mengaktifkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui 3M (menimbun, menguras dan menutup) barang-barang bekas agar tidak dijadikan populasi nyamuk DBD. "Selain itu juga mengenakan kelambu, menggunakan obat nyamuk, menutup lubang potongan bambu dan menyebar abate di kamar mandi. 

Gerakan pemberantasan sarang nyamuk sangatlah peting untuk mecegah perkebanga biakan nyamuk karna dengan prilaku hidup berih akan bisa mencegak perkebang biakan nyamuk aedes aegypti.karana penyebaran penyakit DBD ditimbulkan akibat lingkungan kurang bersih, sehingga memungkinkan berkembangbiaknya nyamuk aedes aegepty. 

Karena itu, kata dia, masyarakat tetap harus mewaspadai serta memerhatikan lingkungan di manapun berada, sebab pemberantasan nyamuk DBD harus melibatkan semua komponen masyarakat. Karna kalau masyarakat sudah peduli dengan lingkungan dipastikan nyamuk aedes aegypti. Akan bisa kita brantas. 

Sementara Kepala Puskesmas Awal Terusan, Kecamatan SP Padang, Sulastri SKM, ngimbau terus mengajak masyarakat agar mewaspadai penyebaran DBD karena banyak genangan air di lingkungan tidak berjalan. Karna dengan itu genangan air yang tersumbat berpotensi perkembangbiaknya nyamuk DBD. 

Sulastri menambahkan puskesmas Awal Terusan terus melakukan penyuluhan terhadap penyebaran penyakit yang mematikan itu terlebih lagi dimusim penghujan sekarang ini, 





  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dinkes OKI Minta Puskesmas Waspadai Penyakit DBD Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio