728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 06 Maret 2015

5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Sebagai rempah asli Indonesia, tentu kita wajib bangga telah memiliki tanaman jahe. Tanaman rimpang yang memiliki aroma khas dan rasa cukup pedas ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa Jahe merupakan rempah yang memiliki segudang manfaat. 

Karena manfaatnya inilah, tidak heran jika jahe dijadikan sebagai rempah yang digemari untuk bahan tambahan membuat minuman, biskuit, makanan atau sekedar sebagai bumbu masak. Di Cina, selama lebih dari 2000 tahun Jahe telah menjadi rempah wajib sebagai obat untuk mengatasi beberapa jenis masalah kesehatan. Apa saja sih manfaat dari Jahe sampai-sampai ia sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi? Dilansir dari laman lifehack.org, inilah 5 manfaat Jahe yang wajib Anda tahu.

Menjaga Sirkulasi Darah

Sebagai tanaman rempah, jahe dikatakan mengandung kromium, magnesium, seng dan beberapa nutrisi penting lainnya yang bisa bantu tubuh menjaga sirkulasi darah dengan baik. Ketika sirkulasi aliran darah normal, hal ini mencegah tubuh dari sakit demam dan menggigil karena kedinginan.

Mengatasi Mual

Mual sering terjadi karena sistem pencernaan seseorang sedang bermasalah. Bukan hanya itu saja, mual juga bisa terjadi karena adanya indikasi penyakit berbahaya dalam tubuh ataupun gejala sakit maag. Untuk mengatasi rasa mual yang sering terjadi di pagi hari atau malam hari saat udara dingin, pastikan untuk konsumsi jahe. Jahe bisa diseduh dalam air panas bersama madu dan jeruk nipis agar rasanya semakin nikmat.

Mencegah Flu

Penyakit yang kerap menyerang seseorang adalah flu. Penelitian di University of Maryland Medical Centre menyatakan bahwa nutrisi pada jahe sangat baik untuk mencegah sakit flu baik batuk ataupun pilek. Dengan manfaatnya inilah, selama ribuan tahun jahe banyak digunakan sebagai obat alami mengatasi sakit flu hampir di semua wilayah Asia.

Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit berbahaya yang paling ditakuti semua orang di dunia. Agar Anda terhindar dari risiko kanker, pastikan untuk konsumsi jahe. Study di University of Minnesota menyebutkan bahwa jahe bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Jahe juga dipercaya sangat baik dikonsumsi oleh para penderita kanker ovarium.

Mengobati Nyeri Dan Radang

Beberapa study percaya tanaman yang memiliki rasa pedas dan aroma khas ini mampu mengobati rasa nyeri dan radang. Nutrisi dan beberapa zat yang terkandung dalam jahe dipastikan mampu mengurangi rasa sakit, nyeri ataupun radang pada tubuh. Selain itu, jahe juga dipercaya mampu mencegah risiko serangan jantung serta stroke.


Sumber : Vemale.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka