Iskandar Nakhodai APKASI Regional Sumatera, Maksimalkan Proyek Strategis Nasional di Sumatera

Kayuagung - Iskandar SE , Bupati Ogan Komering Ilir dipercaya sebagai Koordinator Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Regional Sumatera. Iskandar bersama pengurus Apkasi lainnya dikukuhkan oleh Menteri Dalam Negeri, Thahjo Kumolo dan disaksikan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Jakarta Internasional Expo, Kamis (5/5/16) lalu.

Memimpin 177 Bupati se Sumatera, Iskandar bertekad memaksimalkan proyek-proyek strategis nasional di Sumatera. Apa saja strategi dia?

Memperkuat Hubungan Pusat Daerah
Iskandar mengatakan hubungan pusat daerah dan daerah-daerah sangat penting. Banyak manfaat menurutnya yang bisa digali dari hubungan pusat daerah khususnya dalam memaksimalkan proyek strategis nasional di pulau Sumatera.

“Saya sangat setuju dengan ucapan Bapak Wakil Jusuf Kall ketika membuka AITIS di JIExpo Kemayoran tahun 2016. Intinya, banyak hal positif yang didapatkan bila antar daerah bekerjasama optimal. Ini saya kira bentuk komunikasi Pak Wapres dengan Apkasi, supaya Apkasi bisa maksimal dalam membangun hubungan antar daerah” papar Iskandar.

Iskandar menambahkan, dirinya sangat mengaperisasi Apkasi karena dipercaya sebagai Koordinator Regional Sumatera. “Meski bukan tugas yang mudah, saya kira posisi saya ini sangat strategis. Saya berharap, ke depan, komunikasi antar kepala daerah semakin intens, khususnya untuk Regional Sumatera. Sehingga, potensi-potensi yang selama ini terpendam, bisa dimaksimalkan demi kesejahteraan masyarakat bersama,” tambahnya.

Maksimalkan Proyek Trans Sumatera
Iskandar lebih jauh mengatakan, daerah-daerah di Sumatera patut berbangga dengan program pemerintah saat ini.

“Kalau Trans Sumatera nanti sudah jadi, tentu menjadi modal penting bagi setiap daerah di Sumatera untuk maju. Berbagai komoditas akan semakin cepat masuk pasar. Investasi di sektor hilir akan tumbuh. Pariwisata yang menjadi fokus pemerintah saat ini akan berkembang. Potensipotensi inilah yang harus kita serap,”ungkapnya.

Sebagai Koordinator Regional Sumatera, dirinya bertekad membuat forum strategis khusus Sumatera. Hal ini sudah ia ungkapkan ketika bertemu jajaran Dewan Pengurus Apkasi dan juga beberapa kepala daerah dari Sumatera.

Minimalisir Persoalan antar Wilayah

 
Sebagai Koordinator Regional Sumatera, Iskandar sudah menjalin komunikasinya dengan Bupati Mesuji terkait kerjasama lintas daerah. Ini merupakan langkah penting baginya

“Harus kita akui, persoalan batas wilayah saja bisa membuat daerah yang berbatasan langsung kurang harmonis. Inilah misi saya di Apkasi. Bagaimana meminimalisir persoalan dengan komunikasi intens para pemimpin daerah. Artinya, hal-hal seperti ini membutuhkan komunikasi. Setelah sudah mulai intens komunikasi dan bertemu, banyak potensi-potensi yang dikerjasamakan demi keuntungan bersama,” pesan Iskandar.

Sinergi Promosi Destinasi Wisata
Iskandar menyampaikan, potensi-potensi kerjasama bukan saja soal hasil-hasil perkebunan, pertanian dan komoditas lain.

Lebih jauh dia melihat,potensi periwisata dengan bekerjasama membuat paket-paket kunjungan wisata, akan sama-sama membantu perekonomian daerah. “Antar kabupaten bisa saling belajar. Bila kabupaten A misalnya sukses mengembangkan pariwisata, kabupaten B bisa dikasih kesempatan mempelajarinya. Demikian juga dengan sinergi promosi dan destinasi wisata. Banyak daerah kurang berkembang dari sektor pariwisata karena hanya masalah berada di wilayah perbatasan, disinilah peran kepala daerah dibutuhkan,” ungkapnya.

“Kita harus sama-sama maju dan sama-sama sejahtera. Efeknya, kita mendapatkan kawasan yang stabil, aman dan nyaman bagi wisatawan. Kita tahu, Bapak Presiden ingin pariwisata dikembangkan maksimal dan bisa menjadi penghasilan devisa terbesar. Nah, inilah saatnya,” akhir Iskandar.
Diberdayakan oleh Blogger.