728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 19 Mei 2016

Monitoring Implamitasi PKGM Di Kab. OKI

Kayuagung -Kunjungan MWA MCA-Indonesia ke Kab. Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, rabu (18/05/16). Bertempat di Desa Pengarayan Kec. Tanjung Lubuk Kab OKI.

Dalam Kunjungan ini hadir 20 orang yang akan melibatkan para pihak pendukung dan penyelenggara acara bejumlah sekitar 40 orang, diantaranya, Anggota MWA MCA-Indonesia, Bappenas, Perwakilan MCC, Kementerian Kesehatan, Tim Pengarah PKGBM, Tim Teknis PKGBM, Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Satker Pengelola Hibah MCC/Bappenas, Anggota Senior Management MCA-Indonesia, MNC Generasi Sehat Cerdas, Bank Dunia, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Kesehatan Kab Ogan Komering Ilir, BPMD Prov Sumsel, BPMD Kab OKI, PKK Kab OKI, Generasi Prov Sumsel, Generasi Kab Ogan Komering Ilir, Tim Proyek PKGBM, MCA-Indonesia, Tim NST PKGBM, Tim IMA World Health.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, OKI H. M. Lubis SKM mengatakan “Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat telah menandatangani Perjanjian Millennium Challenge Compact pada tanggal 19 November 2011. Perjanjian ini tentang pemberian Hibah Compact untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengentaskan  kemiskinan di Indonesia. MCA-Indonesia, sebagai lembaga pengelola Hibah Compact, dipimpin oleh Majelis Wali Amanat (MWA) yang terdiri dari perwakilan pemerintah secara ex officio, serta perwakilan non pemerintah seperti akademisi, masyarakat madani, dan sektor swasta. Anggota MWA dipilih secara transparan dan demokratis. MWA menerima mandat dari Pemerintah Republik Indonesia untuk menjalankan Program Compact dan memiliki kewenangan independen dalam pengambilan keputusannya. Salah satu program yang didanai oleh hibah Compact adalah Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Stunting (PKGBM) senilai US$ 131.5 juta.  PKGBM terdiri dari 3 kegiatan, yaitu: (1) Kegiatan Proyek Masyarakat,  yang terdiri dari  pendanaan untuk hibah masyarakat  dan  bantuan teknis, dan perencanaan partisipatif bagi masyarakat; (2) Kegiatan Sisi Suplai,   yang terdiri dari penguatan kapasitas petugas melalui  pemberian pelatihan terkait dengan peningkatan gizi, mengurangi resiko anak pendek, dan kegiatan intervensi lainnya terkait serta memperbaiki kualitas dan akses terhadap layanan di bidang gizi dan sanitasi; dan (3) Kegiatan Komunikasi, Manajemen Proyek dan Evaluasi,   yang terdiri dari penyelenggaraan kampanye nasional,  manajemen proyek dan monitoring dan evaluasi. PKGBM telah terlaksana sejak 2013 di 11 provinsi dan 64 kabupaten di Indonesia, khususnya untuk pelaksanaan Kegiatan Proyek Masyarakat dan Kegiatan Sisi Suplai. Sementara itu, Kampanye Gizi Nasional yang merupakan bagian dari Kegiatan Komunikasi, Manajemen Proyek dan Evaluasi, mulai dilaksanakan di akhir 2015. Sistem pendanaan kegiatan dengan menyalurkan dana Hibah Compact melalui Kementerian Kesehatan ke kabupaten telah dilaksanakan sejak September 2015 untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Sisi Suplai. Sementara itu, dana Kegiatan Proyek Masyarakat telah beroperasi di tingkat desa sejak 2013. Dengan perkembangan yang ada, Majelis Wali Amanat MCA-Indonesia akan melakukan observasi terhadap kegiatan PKGBM di lapangan.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, H. M. Lubis SKM menjelaskan “Secara khusus, kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang perkembangan pelaksanaan PKGBM, termasuk peluang pengembangan dan tantangan pelaksanaannya, adapun Bentuk Kegiatan ini melakukan Pertemuan formal dan informal dengan para pihak di Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

MCA-Indonesia akan membiayai kegiatan ini dengan dukungan dari beberapa pihak yang akan berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan, kegiatan ini akan dilakukan selama 3 hari di Palembang dan Ogan Komering Ilir, pada 17-19 Mei 2016, adapun Agenda Kegiatan sebagai berikut :

Agenda kegiatan

Waktu
Kegiatan
Lokasi
Penanggungjawab
Hari 1



07:35-08:45
Perjalanan ke Palembang
Airport Cengkareng
Tim operasional
10:00-12:00
Pertemuan dengan Kepala Dinkes Sumatera Selatan
Kantor Dinkes Sumsel, dihadiri Bappeda, BPMD
Tim PKGBM
Tim Bappeda Sumsel

12:00-14:00
Makan siang
Di Kota Palembang
Tim operasional
14:00-17:00
Menuju OKI

Tim operasional
17:00
Tiba di OKI dan check in di Dinesti Resort

Tim operasional
18:30-20:30
Makan malam
Di Kediaman Bupati OKI
Kediaman Bupati OKI
Tim Operasional
Hari 2



08:00-09:00
Menuju lokasi kunjungan


09:30-10:30
Observasi kegiatan kelas Ibu
Desa XX (tbc)
Tim GSC
Tim PKGBM
10:30-11:30
Observasi keg sanitasi yang melibatkan wusan
Desa XX (tbc)
Tim NST

11:30-13:30
Makan siang
Kantor Kepala Desa
Tim Operasional
Tim NST
13:30-14:30
Dialog
Kantor Kepala Desa
Tim Operasional
14:30-15:30
Kembali ke Kayu Agung

Tim Operasional
16:00-19:00
Pertemuan dengan Forum Para Pihak OKI
Kantor Bupati

19:00-22:00
Menuju Palembang


Hari 3



09:30-10:30
Menuju Airport Palembang
Hotel Aston
Tim Operasional
11:35
Kembali ke Jakarta

Tim Operasional

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Monitoring Implamitasi PKGM Di Kab. OKI Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio