728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 18 Oktober 2016

OBMM Wajib Tau Perbedaan Kecap Inggris & Kecap Asin

Kayuagung - OBMM Banyak yang tidak tahu beda antara kecap inggris dan kecap asin. Padahal, dari segi pembuatan dan bahan, keduanya amat berbeda. Rasanya juga berbeda. Selain perbedaannya, mari kenali apakah mereka bisa saling dipakai untuk menggantikan satu sama lain.

      Kecap inggris yang biasa disebut worcestershire atau worcester sauce adalah saus berbentuk cairan encer berwarna gelap dengan rasa sedikit asin dan memiliki aroma khas yang harum. Ia dibuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombay, bawang merah, cengkeh dan bawang putih.

      Biasanya kecap inggris digunakan untuk bumbu rendaman daging atau juga bumbu pada masakan chinese food seperti ayam goreng mentega, burung dara saus mentega, bistik, sapi lada hitam dan lainnya. Pencampuran kecap inggris pada masakanan dapat menghasilkan aroma yang harum.

      Sementara itu, kecap asin merupakan olahan dari kacang kedelai. Bentuknya encer dan sesuai namanya, kecap asin memiliki rasa yang asin. Ia juga dipakai sebagai bahan dasar pembuatan kecap inggris. Jadi, rasa kecap ini tentu lebih sederhana daripada kecap inggris.

      Kecap asin dibuat dengan cara memfermentasi kedelai dengan kapang atau jamur Aspergillus. Ia akan berubah fisiknya, bentuknya akan menyatu serupa tempe dengan warna gelap. Kedelai yang telah difermentasi ini kemudian direndam di larutan garam. Selain memberikan rasa asin, air garam ini mematikan bakteri tidak tahan garam dan membuat bakteri tahan garam bekerja membangun karakter rasa kecap asin. Perendaman kedelai di bahan inilah yang menghasilkan kecap asin.

      Banyak hidangan yang bisa dibuat dari kecap asin ini. Walaupun kecap asin di Indonesia mengambil pengaruh dari Tiongkok, tidak hanya makanan oriental yang enak dibumbui dengan kecap ini. Ia juga enak dipakai di berbagai sayuran, tumisan, atau bubur.

      Jika ditanya apakah kecap inggris dan kecap asin bisa saling menggantikan atau tidak, tentu agak sulit karena rasanya berbeda. Jika tidak ada kecap inggris, kecap asin bisa ditambahkan air jeruk lemon dan gula. Tambahkan juga saus pedas yang agak asam seperti tabasco agar keluar rasa hangatnya.

      Itulah perbedaan antara kecap inggris dan kecap asin. Semoga tidak tertukar, ya obmm.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: OBMM Wajib Tau Perbedaan Kecap Inggris & Kecap Asin Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio