728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 19 Desember 2016

Jangan ANggap sepele menahan kencing

Kayuagung - OBMM Buang air kecil adalah salah satu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan zat sisa yang bisa buruk untuk kesehatan. Namun kadang, ada hal yang menyebabkan orang harus menahan pipis. Bisa jadi karena tempat yang tak memungkinkan, sedang melakukan aktivitas lain, atau alasan lainnya. Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa menahan pipis bukanlah hal yang serius. Tetapi lebih baik berhati-hati, terutama jika menahan pipis sudah mulai jadi kebiasaan.
 
Salah satu mitos yang menyebar adalah menahan pipis terlalu sering dan terlalu lama akan membuat organ internal obmm 'meledak'. Tentu saja ini hanya mitos. Tetapi jangan anggap remeh kebiasaan menahan pipis terlalu lama. Menahan pipis terlalu lama bisa memicu beberapa masalah kesehatan, seperti berikut ini:

1. Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih atau disebut UTI adalah salah satu masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi pada bagian saluran kemih. Infeksi saluran kemih bisa jadi sangat menyakitkan. obmm akan merasa sering ingin buang air kecil, namun juga merasakan nyeri pada bagian uretra. Beberapa gejala lainnya adalah adanya darah pada urine dan sensasi terbakar ketika buang air kecil.

2. Infeksi kandung kemih
Dr Chamandeep Bali dari Toronto Naturophatic Health Clinic mengungkap bahwa semakin lama obmm menahan pipis, maka kandung kemih akan semakin berpotensi untuk menjadi tempat berkembang biak bakteri. Hal ini bisa berujung pada infeksi yang menyebar pada ginjal dan menyebabkan masalah yang lebih besar pada tubuh.

3. Disfungsi buang air kecil
Masalah ini lebih sering dikenal sebagai Lower Urinary Tract Symptomps (LUTS). Biasanya hal ini terjadi ketika obmm mulai tak bisa mengendalikan kandung kemih dan saluran kemih. Koordinasi yang buruk antara otot kandung kemih dengan uretra ini membuat seseorang bermasalah saat buang air kecil. Beberapa di antaranya bisa ngompol, tidak buang air kecil hingga tuntas, dan kualitas seks yang menurun.

4. Tak bisa menahan pipis lagi
Masalah yang satu ini biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Masalah ini membuat orang tak bisa menahan pipis lagi sehingga mereka sering mengompol atau langsung buang air kecil saat itu juga.

Ternyata masalah akibat menahan pipis bisa jadi sangat berbahaya dan serius bukan? Karena itu, mulai sekarang sebaiknya jangan biasakan diri menahan buang air kecil terlalu lama. Langsung ke kamar mandi jika sudah kebelet pipis. Kebiasaan menahan pipis yang dianggap remeh bisa berujung fatal jika terus dilakukan.

Sumber : Google.com
 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jangan ANggap sepele menahan kencing Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio