728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 08 Februari 2017

Panen Raya Padi Terluas di Teluk Gelam Langsung Olah Tanam

Panen Raya Bersama Kelompok Tani Kecamatan Teluk Gelam
Kayuagung -Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bina Bersama, Desa Benawa, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), melaksanakan panen raya di areal pertanian terbesar di Kecamatan Teluk Gelam, kemarin (7/2).

Ketua Panitia Pelaksana, Edwar yang juga sebagai Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) setempat, menjelaskan areal sawah yang dipanen telah menggunakan system tanam Jarwo 4 : 1 dengan memakai benih unggul infari 30 yang disemai. 

Potensi areal persawahan di Desa Benawa, lebih dari 1.000 hektar (ha), baik itu berupa sawah tada hujan maupun lebak dan merupakan areal persawahan terluas di Kecamatan Teluk Gelam. Dari luas potensi tersebut, saat ini sudah dimanfaatkan sebsar 686 ha ditambah 21 ha lahan cetak sawah baru sehingga total 707 ha. Dari jumlah tersebut lebih dari 400 hektar sudah melaksanakan tanam dua kali dalam satu tahun atau yang biasa disebut IP-200. 
Panen Raya Bersama Kelompok Tani Kecamatan Teluk Gelam

“Dukungan maupun bantuan yang selama ini telah diberikan oleh pihak dinas, baik berupa alat pertanian handtraktor, bibit, pupuk, atau bantuan lainnya sangat bermanfaat bagi petani,” ungkap Edwar. 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Syarifuddin SP MSi, jika petani berhasil maka akan dapat meningkatkan penghasilan serta daya beli masyarakat. Sehingga apa yang diamanatkan Bupati OKI H Iskandar SE membangun OKI dari Desa guna menuju masyarakat Maju Mandiri dan Sejahtera (Mandira) segera terwujud. 
Panen Raya Bersama Kelompok Tani Kecamatan Teluk Gelam

Syarifuddin juga mengimbau agar para petani dapat memanfaatkan sejengkal tanah dan setetes air untuk pertanian. “Kita harap tanah tersebut bisa langsung ditanam kembali. Bila tak bisa padi maka bisa ditanami holtikultura guna mencapai IP300,” harapnya. 

Hadir dalam panen raya tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Syarifuddin SP MSi, Kasdim 0402/OKI Mayor Eman Suparman, Camat Teluk Gelam, Nahruddin, Kepala Desa Benawa Murnadi SH, para tokoh masyarakat setempat dan undangan lainnya. Sementara itu, beberapa petani mengungkapkan bahwa pihaknya akan langsung mengolah tanah mereka untuk kembali bercocok tanak. “Kami akan menanam padi kembali usai panen ini. Karena tanah akan segera kita olah,” ucap Mina, salah satu petani.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Panen Raya Padi Terluas di Teluk Gelam Langsung Olah Tanam Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio