728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 06 Maret 2017

Optimalkan 5 Rencana Aksi Deteksi Dini Kebakaran Hutan Dan Lahan Kabupaten OKI

Bersama Persiapan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Diwilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.
Kayuagung - Bersama Persiapan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Diwilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir. Senin 06/03/17 bertempat Makodim 0402 OKI. Gelaran kesiapsiagaan dimana sebelumnya terus gencar dilaksanakan langsung di pimpin Komandan Kodim 0402 OKI/OI Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra S.Sos

Pada kesempatan itu diikuti Camat se-Kabupaten OKI, Kades/Lurah se-OKI, yang dihadiri Bupati Ogan Komering Ilir yang diwakili Asisten I Setda OKI Drs. H. Antonius Leonardo M.Si, Kepala BPBD OKI Azhar SE, Kepala Manggala Agni OKI, FKPD terkait.

Komandan Kodim 0402 OKI/OI Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra S.Sos mengatakan “ Hari ini secara garis besar kita kembali untuk menyamakan tekad terhadap upaya-upaya, langkah-langkah yang kongkret terutama diwilayah Kabupaten OKI, dalam rangka pencegahan dini penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Dari semua stakeholder yang ada hari ini kita undang sama-sama seluruh pejabat, camat dan kepala desa diwilayah Kabupaten OKI. Secara umum inti rapat adalah menggugah atau memberikan instruksi pada kodim, danramil dan babinsa kemudian pakumnya dari bupati kepada camat dan kades dibantu di dalamnya kapolsek dan babinkantibmas, mereka merupakan tiga pilar diwilayah sampai dengan tingkat desa, yang sangat tau kondisi ril terkait dengan kebakaran hutan dan lahan, dibantu dengan tim instruksi seperti Manggala Agni, BPBD, dan juga didukung oleh beberapa bentukan seperti masyarakat peduli api yang beberapa waktu yang lalu telah di deklarasikan oleh bupati “.

Letkol Kav Dwi melanjutkan “ Untuk kelembagaan sudah kita buat untuk kesiapan sudah Sembilan puluh persen sampai seratus persen untuk kesiapan mereka dan tinggal menentukan langkah-langkah yang kongret dengan dinamika yang ada diwilayah , seperti beberapa kegiatan, patrol bersama secara terbatas, kemudian pengecekan alat pemadam kebakaran yang ada diwilayah, baik di tingkat kecamatan ataupun desa, serta di beberapa perusahaan yang ada diwilayah Kabupaten OKI “.
Komandan Kodim 0402 OKI Bersama Asisten I Pemda OKI dan Kepala BPBD OKI Saat Persiapan Latihan Bersama Kesiapsiagaan Kebakaraan Hutan Dan Lahan.

Lebih lanjut Dwi Berharap “ Semua stake holder kita satukan menjadi satu, kita integrasikan mudah-mudahn menjadi sebuah kekuatan untuk mencegah secara dini tentang kemungkinan kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kabupaten OKI “.

Kepala BPBD OKI Azhar SE mengatakan “ Kepala desa dan camat kita anggap garda terdepan untuk mengantisipasi karhutlah. Tujuan kita adalah pencegahan dan pemadaman, jadi diutamakan kerja sama masyarakat, perusahaan, dan camat diwilayah masing-masing. Untuk perusahaan pada prinsipnya mereka siap, untuk membantu apapun yang dibutuhkan oleh pemerintah kabupaten yang ada dikecamatan, yang ada didesa mereka menyatakan siap, jadi nanti saya akan berkoordinasi lagi dengan dinas istansi terkait, terhadap perusahaan-perusahaan tersebut, kita hanya tinggal menunggu janji dari kesiapan-kesiapan perusahan “.

Asisten I Setda OKI Drs. Antonius Leonardo M.Si mengatakan “ Ada lima rencana aksi yang menjadi acuan kita semua, yang pertama perkuat deteksi dini dan penetapan siaga darurat, untuk siaga darurat sudah kita bentuk dan untuk deteksi dini ini harus berawal dari tingkat yang paling bawah, seperti yang lalu telah dihadirkan oleh Pak Kapolda yaitu tiga pilar kebangsaan dan ini yang perlu kita buat lagi, kita buat lagi tiga pilar kebangsaan ini mulai dari babinsa, babinkantibmas dan kades dalam upaya deteksi dini itu “.
Rapat Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Makodim 0402 OKI.

Antonius berharap “ Dari koordinasi dari unsur muspika camat, danramil, kapolsek, mari kita bersama deteksi dini ini semakin kita giatkan, kemudian penyiapan sekat kanal bekerjasama dengan swasta, kemudian aktifkan posko karhutlah, patrol bersama, penyuluhan di tingkat kecamatan dan desa, jadi posko-posko ini benar-benar kita aktifkan karena salah satu tempat deteksi dini itu di posko-posko tersebut “.

Pada tanggal 9 maret 2017 akan digelar latihan bersama pengendalian kesiapsiagaan kesiapan kabakaran hutan dan lahan, dan akan menampilkan kekuatan yang ada di Kabupaten OKI, seperti alat pemadam kabakaran yang ada di OKI akan digelar pada tanggal 9 nanti, baik dari Manggala Agni, BPBD, Kodim, Polres dan beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten OKI, kemudian akan digelar juga stakeholder yang ada seperti pejabat danramil, kapolsek, sampai dengan kades, dan termasuk keberadaan masyarakat peduli api akan diundang.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Optimalkan 5 Rencana Aksi Deteksi Dini Kebakaran Hutan Dan Lahan Kabupaten OKI Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio