Seleksi Paskibraka Kabupaten OKI Tahun 2017 Di Ikuti 265 Siswa

Seleksi Paskibraka OKI Tahun 2017.
Kayuagung - Sebanyak 265 calon anggota Paskibraka Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2017, mulai melaksanakan seleksi paskibraka untuk tingkat Kabupaten OKI, yang berasal dari siswa dan siswi dari 32 SLTA dari 16 Kecamatan se-Kabupaten OKI. Dua Kecamatan yaitu Cengal dan Sungai Menang tidak mengirimkan wakilnya. Seleksi Paskibraka yang dimulai hari Senin 03 April 2017 bertempat di GOR Biduk Kajang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten OKI, Drs Muhammad Dahlan MM menyampaikan dari 265 orang nanti terpilih 30 orang, 26 orang untuk Paskibraka Tingkat Kabupaten OKI dan 4 orang akan dikirim ke Propinsi untuk mengikuti seleksi Tingkat Propinsi dan Tingkat Nasional. Tujuan dari adanya seleksi ini adalah untuk menyaring dan menghasilkan Paskibraka yang benar-benar mampu menjalankan tugasnya sebagai pasukan pengibar bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI pada Tanggal 17 Agustus Tahun 2017 ini. Paskibraka ini merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan jiwa pemuda melalui pelatihan kepemimpinan dengan kegiatan pelatihan Paskibraka.

Drs M Dahlan MM lebih lanjut mengatakan “Untuk seleksi calon Paskibraka ini tidak dipungut biaya, adapun kreteria calon anggota Paskibraka ini yaitu; sehat jasmani dan rohani, mempunyai prestasi yg baik di sekolah, tinggi badan utk laki-laki minimal 165 cm dan perempuan minimal 160 cm, berpenampilan baik, serta mendapatkan rekomendasi dari masing-masing sekolah”.

Selanjutnya anggota Paskibra Kabupaten OKI yang akan diseleksi ini tentu nantinya adalah pemuda-pemudi terpilih. setelah tim seleksi Paskibraka yang berasal dari; Kodim 0402 / OKI-OI, Polres OKI, Dinas Kesehatan, dan Dispora melakukan penyaringan dan memenuhi syarat dasar yg sudah ditetapkan. “Yaitu tes tinggi badan, tes kesehatan, tes Kesamaptaan, tes keterampilan baris-berbaris serta tes penampilan”, tambah M Dahlan MM.

Untuk Paskibraka tahun 2017 ini seperti yg sudah diterapkan tahun 2016 diupayakan adanya keterwakilan 18 kecamatan, baik dari tempat tinggal ataupun asal sekolahnya selama memenuhi syarat dasar yg sdh ditetapkan

“Untuk mempersiapkan mental siswa yang terpilih melaksanakan tugas sebagai pengibar bendera merah putih pada acara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus nantinya, mereka terlebih dahulu harus diberikan bekal yang cukup. Terutama, bekal fisik dan mental yang didukung semangat partiotisme, disiplin, pengorbanan dan rasa tanggungjawab yang tinggi” pesan M Dahlan MM.
Diberdayakan oleh Blogger.