Tanjung Aur Jejawi akan Jadi Sentra Peternakan Sapi

Kayuagung - Desa Tanjung Aur Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI tidak hanya akan dikenal sebagai penghasil beras dari Kecamatan Jejawi namun juga akan menjadi sentra ternak di Kabupaten OKI . Hal ini menyusul rencana Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI untuk mengembangkan peternakan sapi di desa tersebut.

"Kita akan bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk mengembangkan peternakan sapi di desa ini karena potensinya tinggi," kata Kepala Dinas Bunnak Kabupaten OKI, Aris Panani SP, M. Si di Jejawi, (20/9).

Dia menyebutkan, saat ini populasi sapi peternakan warga mencapai 500 ekor sapi. Potensi ini dinilai cukup besar, karena bisa menekan kebutuhan daging sapi masyarakat.

"Kalau ini dikembangkan maksimal, maka Tanjung Aur bisa menjadi sentra sapi seperti yang sudah dikembangkan di Kecamatan Mesuji" kata dia menjelaskan.
Ia berpendapat, upaya peternakan sapi di Tanjung Aur, sudah dilaksanakan sejak tahun ini. Program yang akan dilakukan, yaitu UPSUS Sapi indukan wajib bunting (Siwab). Aris optimis upaya ini akan berhasil mengingat kesediaan pangan dan lahan untuk penggembalaan cukup luas l, Sedangkan sumber dananya berasal dari APBN.
Untuk pengembangan lebih lanjut, Aris juga mengaku sudah melakukan penjajakan dengan Universitas Sriwijaya untuk pengembangbiakan hingga pengolahan kotoran ternak. Dia juga berharap, kedepan juga bisa menggandeng pelaku agrobisnis dan peternakan, untuk investasi pengembangan peternakan sapi tersebut.
Diberdayakan oleh Blogger.