Pemkab OKI Bakal Adakan Pemilihan BGBS 2018


Kayuagung -  Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bakal mengadakan pemilihan Bujang Gadis Bende Seguguk (BGBS). Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKI, Ifnah Nurlela, Rabu (24/1/2018) di Kayuagung.

Lebih jelas dikatakan Ifnah, pemilihan BGBS ini pendaftarannya telah dibuka pada senin lalu dan ditutup hingga tanggal 1 Maret 2018 mendatang.

"Peserta yang telah mendaftar akan kita seleksi dimulai dari keterampilan, wawasan hingga pengetahuan dan diharuskan memiliki penampilan yang menarik dan peserta merupakan putra daerah Kabupaten OKI," katanya sembari menambahkan tujuan mengambil putra daerah agar mereka ini benar-benar cinta dengan daerahnya.

"Kalau sudah tahu sudah cinta dengan Kabupaten OKI maka akan dengan mudah mempromosikan OKI dengan memberi tahukan potensi OKI kepada masyarakat luar, seperti apa soal membangun desa, soal kedaulatanpangan, dan potensi wisata apa yang dimiliki Kabupaten OKI," katanya.

Ditambahkannya, peserta BGBS juga akan diberikan bekal yakni pengetahuan dan lain sebagainya, seperti seputar destinasi wisata di kabupaten OKI, karena BGBS merupakan duta wisata dan budaya Kabupaten OKI. Selain itu juga BGBS harus mampu menjadi panutan dalam kegiatan kemasyarakatan dan sosial. 

"Dengan diadakannya pemilihan BGBS diharapkan dapat melahirkan duta-duta wisata yang nantinya kita harapkan dapat mempromosikan seni budaya dan pariwisata Kabupaten OKI ke tingkat Nasional dan Internasional,” katanya.

Pemenang BGBS nantinya diharapkan agar dapat membantu pemerintah dalam mempromosikan potensi Kabupaten OKI terutama potensi wisata dan potensi investasi. 

“Saya ingin mereka yang terpilih nantinya dapat memberikan sesuatu bagi OKI seperti halnya mempromosikan kabupaten OKI agar banyak orang yang berkunjung untuk berwisata di daerah OKI. 

Kabupaten OKI memiliki berbagai keanekaragam wisata dan budayanya seperti Midang, Malam Tapai, Pesta Rakyat, Festival Bende Seguguk, Seni Tari Penguton. Belum lagi destinasi wisatanya seperti Danau teluk Gelam, Danau Teloko, Kawasan Kota Lama, Taman Segitiga Emas di samping itu terdapat juga cagar budaya seperti Rumah Seratus Tiang, Rumah Depati yang juga diharapakan dapat menjadi destinasi wisata pilihan di Sumatera Selatan bagi para wisatawan lokal dan mancanegara untuk menikmati keindahan Kabupaten OKI," ungkapnya.
Diberdayakan oleh Blogger.