Seleksi Beasiswa PT OKI Pulp, 147 Siswa Ambil Bagian


Kayuagung -Sebanyak 147 Siswa/i SMA/SMK/Sederajat se Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengikuti seleksi akademik beasiswa PT OKI Pulp and Paper Mills tahun ajaran 2018-2019 di SMP N 6 Kayuagung, (23/4/2018).


Gadang H Hartawan Head Public Affair PT OKI Pulp melalui Ayu Satya Damayanti mengatakan, PT. OKI Pulp & Paper Mills kembali membuka peluang beasiswa kepada putra putri OKI. “Kita sudah melakukan tes administrasi dari 208 siswa yang mendaftar ada 147 orang yang lulus untuk mengikuti tes akademik yang saat ini kita laksanakan,”jelasnya.


Menurutnya, dari 147 peserta yang m3ngikuti tes akademik ini akan kembali disaring untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu psikotes dan interview. “Hari ini kita lakukan tes akademik dan ada 5 mata pelajaran yang diuji yaitu Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Bahasa Indonesia,”terangnya.


Katanya, dari ratusan yang ikut seleksi ini pihak perusahaan menyiapkan slot sebanyak 21 orang putra dan putri OKI terbaik yang akan dikuliahkan di Institute teknologi pengelolaan pulp dan kertas.


Menurutnya, Beasiswa ini juga bertujuan untuk merangkul tenaga kerja dari masyarakat lokal yang memiliki pengetahuan baik mengenai industri pulp dan kertas.


”Kita sulit mendapatkan SDM lokal yang ideal. Apalagi generasi muda di pedesaan masih sangat minim mendapatkan pendidikan formal yang baik dengan cara memberikan bantuan beasiswa pendidikan penuh,”katanya.


Hingga saat PT OKI Pulp telah membiayai sebanyak 38 putra daerah OKI sejak tahun 2014. “Pada 2014 kita membiayai 4 orang, 2015 sebanyak 10 orang, dan 2016 ada 9 orang, pada 2017 15 orang, dan 2018 ini sebanyak 21 orang putra lokal untuk angkatan pertama sudah diwisudah sebanyak 4 orang dan saat ini sudah bekerja di OKI Pulp Air Sugihan,”terangnya.


Menurutnya, selain biaya dibayar penuh para mahasiswa ini juga bebas biaya asrama ditambah uang saku perbulan plus tunjangan transfortasi pertahun, tunjangan tugas akhir, asuransi kesehatan selama masa studi dan jaminan kerja setelah menyelesaikan pendidikan.


“Program ini merupakan komitmen PT.OKI Pulp dalam rangka tanggung jawab sosial dalam memanfaatkan potensi SDM lokal agar bisa menjadi tenaga profesional dibidang industri pulp dan kertas,”jelasnya.


Sementara itu, Andrio, Siswa asal Tulung Selapan mengatakan, bahwa dirinya sangat berharap beasiswa dari OKI Pulp ini mengingat dirinya merupakan salah satu siswa yang tidak mampu. “ Ini adalah harapan saya satu-satunya kalau tidak lulus disini kemungkinan tidak kuliah,”harapnya.
Diberdayakan oleh Blogger.